Setiap Tahun 40 Persen Lulusan SMA Menganggur

Nasional / 24 October 2009

Kalangan Sendiri

Setiap Tahun 40 Persen Lulusan SMA Menganggur

Lestari99 Official Writer
2786

Sungguh ironis nasib anak-anak lulusan SMA di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA, tercatat setiap tahun rata-rata 40 persen di antaranya menganggur. Tak sanggup melanjutkan ke perguruan tinggi karena terbentur biaya ditenggarai sebagai salah satu penyebabnya, sedangkan untuk masuk dalam dunia kerja, para lulusan SMA ini tidak memiliki keahlian khusus.

Makmur Sutisna selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang mengungkapkan setiap tahun lulusan SMA tercatat 5.000 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 40 persen yang dapat melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah dan 20 persen lainnya diterima untuk bekerja, itupun kebanyakan wanita.

Kondisi ini tentu saja tak dapat dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada membengkaknya angka pengangguran di tahun-tahun mendatang. Mencoba mengatasi fenomena negatif tersebut, Makmur mengubah kebijakan dengan memperbanyak SMK dan mengurangi SMU. Pada tahun 2014 ditargetkan perbandingannya menjadi 75:25. Melalui kebijakan ini diharapkan para lulusan sekolah menengah atas ini paling tidak memiliki sedikit keahlian yang dapat langsung diaplikasikan di dunia kerja.

Saat ini kebijakan tersebut baru dapat mencapai perbandingan 58:42. Namun Makmur optimis program yang dicanangkannya tersebut dapat terealisasi dengan baik. Semoga saja langkah-langkah yang diambil Dinas Kependidikan Subang ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan para lulusan sekolah menengah atasnya yang memiliki angka pengangguran cukup tinggi setiap tahunnya.

Sumber : tempointeraktif
Halaman :
1

Ikuti Kami