Gunakan Ponsel Bisa Percepat Risiko Tumor Otak?

Serba-Serbi Sehat / 22 October 2009

Kalangan Sendiri

Gunakan Ponsel Bisa Percepat Risiko Tumor Otak?

Budhi Marpaung Official Writer
3476

Ponsel sudah menjadi gaya hidup manusia di hampir seluruh dunia. Bukan karena penampilannya, tetapi benda yang menjadi media komunikasi antar manusia itu sudah menjadi kebutuhan. Bila orang dahulu melihat ponsel adalah barang yang eksklusif, saat ini sudah tidak lagi seperti itu.

Seiring dengan perkembangan ponsel yang ada, ternyata banyak hal yang menjadi bahaya ketika seseorang menggunakannya. Salah satunya adalah risiko seseorang mengidap penyakit tumor otak.

Menurut Joel Moskowitz, Direktur Center for Family and Community Health University of California, Barkeley, Amerika Serikat, bahwa ada hubungan positif antara penggunaan ponsel dengan peningkatan risiko tumor.

Memperkuat pendapat yang dikemukakannya, Moskowitz memperlihatkan hasil penemuan para peneliti lain yang menemukan terdapat peningkatan risiko tumor otak sebesar 18% selama 8 tahun belakangan ini.

Selain dapat meningkatkan risiko tumor otak, ternyata penggunaan menyimpan ponsel di saku juga sangat berbahaya khususnya terutama bagi kesehatan seksual seseorang.  

Walaupun begitu, Moskowitz mendorong agar ke depannya nanti penelitian mengenai efek dari ponsel bagi manusia, khususnya bagi anak-anak dan wanita agar semakin diperbanyak dan kajiannya lebih menyeluruh. Menurutnya, hal ini tentu saja harus dilakukan demi menyelamatkan kehidupan mereka yang lebih rentan untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan bahkan kematian.

Sumber : Inilah.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami