Hindari Terkena Kanker Usus Dengan Konsumsi Apel

Gizi & Nutrisi / 17 October 2009

Kalangan Sendiri

Hindari Terkena Kanker Usus Dengan Konsumsi Apel

Budhi Marpaung Official Writer
3908

Siapa yang tidak mengetahui Apel? Buah yang menjadi salah satu yang paling diingat oleh orang-orang di Indonesia. Selain karena mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun modern, rasanya pun sungguh enak hingga tidak setiap orang dari berbagai tingkatan usia dapat memakannya.

Penelitian terhadap buah ini pun kerap kali dilakukan oleh ilmuwan baik dari dalam maupun luar negeri dan hasilnya pun selalu positif. Seperti hasil penelitian baru-baru ini yang menyatakan bahwa ada hubungan yang menguntungkan antara mengonsumsi buah apel dengan sehatnya usus besar kita.

Menurut penelitian tersebut, kandungan seperti pektin dan polyphenol yang terdapat dalam Apel dapat mempercepat produksi senyawa antikarsinogenik (anti kanker) dalam proses fermentasi di usus besar. Jadi, tidak ada waktu untuk penyakit kanker berkembang dalam tubuh kita karena sudah diatasi dengan kedua zat tersebut.

Sebelum hasil penemuan terbaru itu, ada sebuah studi yang hampir mengeluarkan hasil yang sama dimana penelitian tersebut menggunakan tikus sebagai obyek penelitiannya. Hasilnya, 43 persen tikus yang diberi makan dari ekstrak kulit apel lebih rendah terkena resiko kanker usus besar.

Mau usus Anda sehat dan terhindar dari kanker usus besar? Rajin-rajinlah mengonsumsi Apel.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami