Tiga Orang Baru Segera Pimpin KPK Mulai Hari ini

Tiga Orang Baru Segera Pimpin KPK Mulai Hari ini

Budhi Marpaung Official Writer
2198

Kursi yang saat ini kosong di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebentar lagi akan terisi. Tiga orang yang sudah dipilih oleh anggota lima beberapa hari lalu, yakni Tumpak Hatorangan Panggabean, Ahmad Santosa, dan Waluyo akan dilantik pada sore ini pukul 15:00 WIB di Istana Negara Jakarta. Demikian berita yang kami kutip dari liputan6.com, Selasa (6/10) pagi tadi.

Pelantikan ketiga orang yang sudah sudah cukup senior di bidangnya masing-masing itu memang harus segera dilaksanakan mengingat desakan dari masyarakat untuk membuat lembaga itu kembali berfungsi secara maksimal seperti sebelum ditinggal oleh para petinggi KPK lama yang tersangkut masalah hukum.

Baik Tumpak, Waluyo, dan Ahmad Santosa; ketiganya memiliki keterkaitan dengan lembaga yang berurusan pemberantasaan korupsi di negara ini. Seperti Tumpak, ia pernah menjabat sebagai wakil ketua KPK bidang Penindakan periode 2003-2007; lalu Waluyo adalah mantan Direktur Pencegahan KPK periode 2003-2007; dan terakhir Ahmad Santosa, ia merupakan anggota panita seleksi pimpinan KPK periode 2007-2011.

Ketiga pimpinan yang baru ini rencananya akan memimpin dalam enam bulan sampai setahun ke depan. Namun, hal ini tidak lah mutlak karena Presiden masih menunggu hasil sidang hukum terhadap Antasari Azhar, Bibit Samad Rianto, dan Chandra M Hamzah. Bila hakim mengetok mereka bersalah, maka sudah dipastikan jabatan sebagai pimpinan KPK akan dicabut, tetapi bila tidak bersalah, baik Antasari, Bibit, dan Chandra dipersilahkan untuk menempati kursi mereka sebelumnya.

Inilah pembuktian besar yang harus dijawab oleh orang-orang yang terpilih sebagai pimpinan sementara KPK kepada rakyat. Memang bukan tugas yang mudah, tetapi hal itu harus digunakan. Jangan biarkan korupsi merajalela di negeri ini. VIVA KPK!   

Sumber : liputan6.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami