Ig Nobel, Penghargaan Bagi Temuan Aneh dan Lucu

Nasional / 2 October 2009

Kalangan Sendiri

Ig Nobel, Penghargaan Bagi Temuan Aneh dan Lucu

Puji Astuti Official Writer
4426

Penghargaan Ig Nobel, adalah sebuah penghargaan yang ditujukan pada penelitian yang terkadang aneh dan menggelikan namun bisa dibuktikan kebenarannya. Pada tahun ini, penganugrahan Ig Nobel dilakukan pada Kamis di Harvard University's Sanders Thater. Jika melihat para pemenangnya, Anda pasti bisa geli sendiri.

Pada perhelatan yang ke-19 ini, Ig Nobel mengangkat tema "Resiko" dan di sponsori sebuah majalah ilmiah humoris "Annals of Improbable Research.:

Salah satu pemenangnya Ig Nobel adalah Peter Rowlinson dan rekannya Catherine Douglas dari Universitas Newcastle Inggris. Mereka menemukan bahwa Bessie dan Buttercup, sapi yang diberi nama menghasilkan lebih banyak susu daripada sapi yang tanpa nama.

Peter menjelaskan bahwa jika manusia berlaku baik pada hewan maka hewan tersebut akan memberikan respon yang baik.

Selain penamaan sapi, berikut list para pemenang Ig Nobel ini :

Kedokteran Hewan : Catherine Douglas dan Peter Rowlinson karena penelitian atas penamaan sapi yang menghasilkan susu lebih banyak.

Perdamaian : Stephan Bolliger, Steffen Ross, Lars Oesterhelweg, Michael Thali dan Beat Kneubuehl untuk menyelidiki apakah lebih baik memukul kepala seseorang dengan botol bir yang kosong atau yang ada isinya.

Ekonomi : Empat orang eksekutif bank dari Icelandia karena menunjukkan bagaimana bank yang kecil bisa menjadi sebuah bank yang besar lalu menjadi bank yang kecil lagi.

Kedokteran : Donald Unger karena membiarkan kuku jari tangan kirinya  pecah selama 60 tahun untuk melihat apakah kuku yang pecah berkontribusi atas arthritis/radang sendi. Namun kedua tangannya tidak mengalami radang sendi, hal itu membuat dia mengambil kesimpulan bahwa kuku yang pecah dan radang sendi tidak ada hubungannya.

Fisika : Katherine Whitcome, Liza Shapiro dan Daniel Lieberman karena mencari tahu mengapa wanita hamil tidak bisa memberi tip lebih banyak.

Kesehatan umum: Elena Bodnar, Raphael Lee dan Sandra Marijan karena menemukan BH yang bisa digunakan sebagai masker

Literatur: Diberikan kepada polisi nasional Irlandia karena membuat 50 surat tilang untuk "Prawo Jazdy", yang dalam bahasa Polandia artinya Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Matematika: Gideon Gono dan  Bank Zimbabwe yang memesan untuk mencetak uang dalam pecahan 1 sen hingga100 triliun Zimbabwe.

Biologi : Fumiaki Taguchi, Song Guofu dan Zhang Guanglei karena menunjukkan bahwa bakteri yang ada di kotoran (feses) panda bisa membantu untuk mengurangi sampah dapur sebanyak 90 persen.

Satu hal yang bisa didapatkan dari penganugrahan Ig Nobel ini, usaha sekecil apapun untuk kebaikan banyak orang akan selalu mendapatkan penghargaan, bahkan seaneh apapun itu. Jikapun tidak seorangpun yang menghargai upaya seseorang untuk kebaikan, maka ada Tuhan yang menghargai.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami