Bayi Kembar Hasil Kawin Silang Tiger-Lion Lahir Di Cina

Nasional / 29 September 2009

Kalangan Sendiri

Bayi Kembar Hasil Kawin Silang Tiger-Lion Lahir Di Cina

Lestari99 Official Writer
6480

Pernahkah Anda melihat atau mendengar hewan yang bernama Tigon? Tigon adalah hewan hasil kawin silang antara Singa Afrika dan Harimau Manchuria. Hewan yang jarang ditemukan di negara manapun di dunia ini dapat dilihat di Cina, di berbagai kebun binatang di Shenzhen, kota di propinsi Guangdong, Cina Selatan, dan Xiamen, kota di propinsi Fujian, Cina Timur.

Baru-baru ini Taman Margasatwa di propinsi Hainan kembali berhasil melakukan kawin silang antara Singa Afrika dan Harimau Manchuria. Hasil kawin silang kali ini menghasilkan sepasang bayi kembar jantan dan betina Tigon (tiger-lion) yang lahir pada 1 September lalu. Induk betina yang merupakan jenis Singa Afrika bernama Sha Sha ini melahirkan sang bayi kembar setelah hamil selama 106 hari. Sedangkan induk jantan dari bayi kembar ini adalah seekor Macan Manchuria berusia empat tahun bernama Guo Guo.

Bayi kembar Tigon memiliki ciri-ciri baik Singa maupun Macan. Kepalanya biasanya menyerupai induknya dan tubuhnya menyerupai bapaknya. Saat dilahirkan, kedua bayi kembar Tigon ini memiliki berat 500 gram dan tinggi lebih dari 20 centimeter. Kini berat mereka telah mencapai lebih dari 1,5 kilogram dan tinggi hampir 30 centimeter.

Tigon dianggap langka karena angka kelansungan hidupnya mendekati 1 dalam 500.000. Angka kelangsungan hidup Tigon jauh lebih rendah bila dibandingkan degan Harimau, hasil dari cangkokan Singa jantan dan Harimau betina. Kedua bayi kembar Tigon tersebut kini dalam keadaan sehat dan kebun binatang itu sedang mempertimbangkan peranserta masyarakat untuk memberikan nama bagi bayi kembar Tigon tersebut. Kira-kira, apa nama yang akan diberikan kepada mereka? Apapun nama mereka nantinya, yang pasti kelahiran kedua bayi kembar Tigon ini menunjukkan penyempurnaan dan kemajuan dari kawin silang yang dilakukan oleh kebun binatang di Cina ini.

Sumber : mediaindonesia / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami