Sutradara Terkenal Romans Polanski Ditahan Atas Kesalahannya 30 Tahun Yang Lalu

Nasional / 28 September 2009

Kalangan Sendiri

Sutradara Terkenal Romans Polanski Ditahan Atas Kesalahannya 30 Tahun Yang Lalu

Lestari99 Official Writer
3175

Film hasil karyanya bisa menginspirasi banyak orang tapi Ramons Polanski tersandung kasus hukum dalam puncak ketenarannya untuk kesalahan yang dilakukannya 30 tahun yang lalu. Romans Polanski yang saat ini telah berusia 76 tahun ditahan pada hari Sabtu (26/9) lalu saat melakukan perjalanan dari Prancis ke Swiss untuk menghadiri Festival Film Zurich. Sejatinya Ramons Polanski akan menerima penghargaan pada hari Minggu (27/9) atas karya-karya yang dihasilkannya selama ia hidup, namun ia justru ditahan oleh polisi Zurich begitu tiba di Swiss Sabtu malam.

Penahanan ini berawal tuduhan yang dialamatkan kepadanya karena melakukan hubungan seksual dengan seorang anak perempuan berusia 13 tahun pada tahun 1977. Namun pada tahun 1978, Polanski melarikan diri dari Amerika Serikat setelah sebelumnya ia mengakui perbuatannya tersebut. Semenjak saat itu, Polanski tidak bisa kembali ke Amerika serikat dan tinggal di Prancis.

Kementerian Kehakiman Swiss mengatakan Polanski ditahan atas dasar surat perintah penahanan internasional tahun 2005 yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Setelah penangkapan ini, Amerika harus mengajukan permohonan ekstradisi secara resmi. Sutradara kondang ini sendiri dapat melawan keputusan penahanan dan ekstradisi di pengadilan Swiss.

Juru bicara polisi mengatakan bahwa tindakan itu diambil berdasarkan perintah kepolisian dan departemen kehakiman federal Swiss. Kasus ini tampaknya berkaitan dengan surat perintah penahanan yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat 30 tahun yang lalu. Panitia penyelenggara festival sendiri mengaku terkejut dan kecewa atas kejadian ini namun mereka akan tetap memutar karya-karya Polanski di masa lalu.

Dari kejadian ini kita dapat benar-benar belajar untuk tidak pernah lari dari masalah dan berani mempertanggungjawabkan setiap kesalahan yang pernah kita lakukan. Tuhan memang Maha Pengampun tapi dunia ini memiliki sistem tersendiri untuk menghukum orang-orang yang dianggap bersalah dan melanggar hukum.

Sumber : bbc / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami