Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Sakit Kepala

Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Sakit Kepala

Lestari99 Official Writer
5317

Sakit kepala merupakan keluhan medis yang paling umum dari gejala gangguan yang mendasar. Sekitar 90% sakit kepala adalah akibat dari gangguan vaskuler (pembuluh darah), ketegangan atau pun kombinasi dari faktor-faktor ini; sedangkan 10% lainnya adalah akibat gangguan tengkorak, penyakit yang menyerang tubuh secara keseluruhan maupun karena gangguan psikologis.

Sakit kepala migren yang biasanya dirasakan hanya di sebagian kepala seringkali terjadi pada masa kanak-kanak atau remaja dan terulang sampai usia dewasa. Migren lebih umum ditemukan pada wanita dan turun-temurun dalam keluarga.

Sakit kepala kronis biasanya disebabkan oleh kontraksi otot atau pun ketegangan yang bisa diakibatkan oleh stres, kelelahan, haid atau pengaruh lingkungan (seperti suara nyaring, keramaian atau cahaya yang terang). Penyebab lain dari sakit kepala adalah glukoma (tekanan yang meningkat pada mata sehingga dapat menyebabkan kebutaan); infeksi mata atau sinus, penyakit pada kulit kepala, gigi, arteri pada kepala atau telinga bagian luar maupun tengah, spasme otot pada wajah, leher atau bahu. Obat-obatan, alkohol, penyakit yang menyerang seluruh tubuh, kekurangan oksigen dalam darah, tekanan darah tinggi, trauma kepala, pendarahan, abses, aneurisma dan tumor otak juga dapat menyebabkan sakit kepala kronis.

Penyebab pasti dari migren sampai saat ini belum diketahui, tetapi sakit kepala seperti ini terkait dengan konstriksi dan dilatasi arteri dalam kepala. Para peneliti mencurigai adanya abnormalitas biokimia tertentu yang terjadi selama serangan migren berlangsung. Hal ini antara lain ditenggarai adanya kebocoran substansi pembuluh yang membesar melalui arteri (neurokinin) dan turunnya kadar pengantar kimiawi dalam otak (serotonin).

Sakit kepala yang terasa di dalam tengkorak kepala dapat diakibatkan oleh arteri atau vena yang tertarik atau salah letak. Juga dapat disebabkan oleh infeksi atau tekanan saraf kranial yang serat rasa sakitnya menuju otak dan sumsum tulang belakang.

Para penderita sakit kepala kronis seringkali merasakan sakit yang amat sangat dan tidak berubah. Bila penyebabnya pendarahan dalam tengkorak kepala, sakit kepala tersebut tidak akan bereaksi terhadap obat penghilang rasa sakit seperti narkotika dan dapat berkembang menjadi masalah sistem saraf dan lemah otot. Bila penyebabnya tumor otak, rasa sakit akan terasa amat parah pada saat penderita bangun.

Bila migren menyerang, penglihatan penderita sering menjadi tidak jelas, mengalami sensasi abnormal seperti geli pada sebagian bagian tubuh atau gangguan berbicara, hilang selera makan, mual, muntah dan sangat sensitif terhadap cahaya.

Bila Anda terserang sakit kepala, tidurlah dalam kamar yang gelap dan tenang selama terjadinya serangan, letakkan sekantong butiran es batu di dahi Anda atau lap dingin di atas mata Anda. Bila Anda mengalami sakit kepala karena gangguan pembuluh darah vaskuler, ikuti instruksi diet dari doktrer Anda.

Bila migren yang menyerang Anda, minumlah obat pada saat awal gejala migren dimulai. Untuk menghindari dehidrasi, minumlah banyak cairan setelah rasa mual dan muntah yang diakibatkan migren sudah berakhir.

Sumber : Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui - Gramedia
Halaman :
1

Ikuti Kami