Di Mesir Wanita Boleh Pakai Celana Panjang

Nasional / 19 September 2009

Kalangan Sendiri

Di Mesir Wanita Boleh Pakai Celana Panjang

Puji Astuti Official Writer
3010

Jika di Sudan, seorang wanita harus menghadapi meja hijau karena menggunakan celana panjang di tempat umum, di Mesir yang juga merupakan negara Islam, wanita mendapat ijin untuk memakainya, demikian berita yang dirilis MSNBC.

Grand Mufti Ali Gomaa adalah salah satu pemimpin agama yang sangat berpengaruh di Mesir. Ali Gomaa menyatakan wanita di ijinkan menggunakan celana panjang, asalkan celana yang longgar dan bukan celana yang ketat. Dia tersenyum geli saat memberikan respon atas pertanyaan yang dilontarkan itu sewaktu  memberikan kuliah umum.

Sudan menjatuhkan hukuman cambuk pada 10 wanita yang ditangkap karena memakai celana panjang di tempat umum. Seorang wanita bernama Lubna Hussein bertahan dengan menghadapi pengadilan dan berhasil menarik perhatian internasional atas tindakan pengadilan Sudan tersebut.

Kampanye hak azasi manusia menyoroti tindakan tersebut sebagai sebuah hukum yang samar.

Beberapa negara menerapkan hukum Islam, namun ada yang melaksanakannya secara harfiah tanpa di sortir namun ada juga yang seperti Mesir dimana mereka memberi beberapa kelonggaran yang masuk akal.

Sumber : MSNBC/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami