Perang Dengan Burung Jalak, Amerika Bunuh 1,7 Ekor

Nasional / 13 September 2009

Kalangan Sendiri

Perang Dengan Burung Jalak, Amerika Bunuh 1,7 Ekor

Puji Astuti Official Writer
4581

Negeri Paman Sam saat ini sedang melakukan perang terhadap burung jalak. Burung jalak eropa disalahkan karena kotoran mereka yang mengganggu hingga kecelakaan pesawat terbang. Tahun lalu saja, negara adidaya itu telah membunuh 1,7 juta ekor.

Menurut berita yang dirilis oleh Liputan 6.com burung jalak ini telah mengakibatkan kecelakaan pesawat di Boston pada tahun 1960. Dalam kecelakaan itu 62 orang tewas. Bahkan kabarnya, otoritas penerbangan Amerika Serikat telah dirugikan hinga 4 juta dolar Amerika sejak tahun 1990 hingga saat ini.

Di daerah Washington, pertanian dirugikan sebesar 9 juta dolar dalam kurun waktu lima tahun. Secara nasional, kerugian yang ditanggung Amerika hampir 800 juta dolar. Pertanian di Amerika merasa dirugikan lantaran burung ini dituduh menjadi perantara penyakit tumbuhan dan mencuri hasil pertanian para petani.

Untuk itu langkah tegas diambil oleh Negara itu, sekitar 1,7 juta jalak diracun dan di tembak pada tahun lalu. 

Burung-burung ini jika sedikit mungkin tidak berbahaya dan merugikan, namun jika populasinya sudah tidak terkendali maka akan membahayakan manusia, apa lagi dengan adanya penyakit flu burung. Keseimbangan ekosistem harusnya bisa terjaga ketika manusia menjaga alam dengan baik. Meledaknya populasi burung jalak ini bisa jadi disebabkan oleh ulah manusia juga yang membuat rantai makanan terputus karena kondisi alam yang telah dirusak.

Sumber : Liputan 6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami