Tips OK Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Tips OK Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Lestari99 Official Writer
6092

\"\"Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit kepala. Dan ketika rasa cenut-cenut ini sedang melanda, sebagian besar orang secara otomatis mencari aspirin atau obat bebas lainnya untuk mengatasi rasa sakit kepala yang sedang mereka alami. Apalagi saat ini makin banyak merek obat sakit kepala, dengan bujukan iklannya, ‘Menyembuhkan tepat ke sasaran'.

Penelitian terbaru dari Dr. Hamid Hekmat, profesor Psikologi di Universitas Wisconsin, menemukan ada cara lain untuk meredakan sakit kepala tanpa obat, tanpa bahan kimia, dan rasanya pun tidak pahit. Caranya? Jika sakit kepala menyerang, cobalah untuk membayangkan makanan-makanan favorit Anda seperti sebatang coklat, semangkuk bakso atau segelas es krim. Membayangkan makanan favorit ditenggarai merupakan strategi yang cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala ringan maupun kronis karena dapat meningkatkan mood serta mengurangi kegelisahan yang diakibatkan dari rasa sakit.

Saat mengalami sakit kepala, usahakan untuk mengalihkan pikiran Anda ke hal-hal menyenangkan. Masalahnya, jika Anda fokus pada sakit kepala hanya akan menambah rasa sakit. Nah, dengan mengubah fokus pikiran Anda saat mengalami sakit kepala, rasa sakit bisa mereda.

Penelitian ini melibatkan 60 responden yang menderita sakit kepala sebanyak dua putaran. Putaran pertama, untuk mengurangi sakit kepala, mereka meyelupkan tangannya ke dalam air dingin untuk mengurangi rasa sakit kepala. Dan pada putaran kedua, mereka diinstruksikan untuk membayangkan makanan favorit masing-masing secara detail, mulai dari bentuk hingga rasa.

Hasilnya, dengan membayangkan makanan favorit, penderita sakit kepala dapat mengatasi rasa sakit lebih baik daripada yang tidak membayangkannya. Uniknya lagi, jika Anda sedang menjalani program diet, tak perlu takut berat badan melambung. Sebab, Anda hanya perlu membayangkan rasa makanan favorit tersebut. Tidak mesti mencicipinya.

Penting untuk Anda ketahui, menurut Dr. Peter Staats, seorang profesor di Sekolah Kedokteran John Hopkins, sakit kepala merupakan respon emosi dan dapat diubah juga dengan mood. Kesimpulan dari penelitian ini ialah emosi dan pemikiran positif dapat mengatasi setiap rasa sakit, tidak hanya untuk sakit kepala. Jadi mulai sekarang, berusahalah untuk selalu berpikiran positif agar Anda dapat mengurangi dan terhindar dari rasa sakit.

Sumber : kosmo.viva
Halaman :
1

Ikuti Kami