Dokter Dan Perawat Diskors Gara-Gara Facebook

Nasional / 10 September 2009

Kalangan Sendiri

Dokter Dan Perawat Diskors Gara-Gara Facebook

Lestari99 Official Writer
3418

Demam facebook benar-benar sedang menggila di seluruh belahan bumi ini. Fitur-fitur canggih dan game online yang ditawarkannya sering membuat banyak orang lupa akan banyak hal, termasuk kewajiban yang harus dilakukannya di tempat kerja. Tidak sedikit orang yang bermasalah dengan perusahaan tempatnya bekerja hanya karena keranjingan facebook. Seperti yang dialami oleh para dokter dan suster di rumah sakit Great Western, Swindon, Inggris.

Berawal dari game online di situs sosial Facebook, yaitu Lying Down Game, tujuh dokter dan perawat rumah sakit tersebut diskors dan terancam dipecat. Permainan ini dimulai di Inggris beberapa bulan yang lalu dan melonjak menjadi sangat populer. Permainan ini sebenarnya sangat sederhana: para pesertanya diminta berfoto tengkurap dalam posisi atau tempat yang tidak lazim. Dalam dua pekan sudah ada 1.500 anggota. Saat ini sudah tercatat 55 ribu lebih anggota yang memasang foto-foto mereka saat tengkurap di tempat aneh.

Permainan ini ternyata juga melanda para dokter dan perawat di rumah sakit Great Western di Swindon itu. Untuk menghabiskan waktu ketika sedang piket malam di tanggal 14 Agustus 2009, sedikitnya 18 dokter dan perawat bergantian difoto tengkurap di sekitar areal rumah sakit. Ada yang difoto di atas meja ruang gawat darurat, di atas lantai selasar, sampai di landasan helikopter di atap rumah sakit. Foto-foto itu pun mereka pasang di facebook.

Apesnya, manajemen rumah sakit pemerintah itu tidak senang dengan sejumlah pose karena dianggap melanggar aturan keamanan rumah sakit, aturan kesehatan dan juga aturan pencegahan infeksi saat berpose. Tujuh orang dokter dan perawat dikenakan skors dan terancam dipecat. Mereka juga dianggap melanggar peraturan kerja rumah sakit.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan facebook, namun bagaimana para penggunanya memanfaat situs jejaring sosial inilah yang seringkali menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Bagaimana dengan Anda dengan perusahaan tempat Anda bekerja?

Sumber : tempointeraktif / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami