Dampak Gempa Di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Nasional / 2 September 2009

Kalangan Sendiri

Dampak Gempa Di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Lestari99 Official Writer
2995

Gempa berkekuatan 7,3 skala richter yang baru saja terjadi secara merata terjadi di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berita di televisi terus-menerus menayangkan berita kepanikan yang ditimbulkan di gedung-gedung perkantoran elit di Jakarta. Tanpa ada yang terlewatkan, segenap karyawan berhamburan keluar dari gedung bertingkat.

Tidak hanya gedung perkantoran, mal-mal di Jakarta pun diserang kepanikan yang sama. Para pengunjung dan karyawan yang bekerja di mall berhamburan keluar mal sampai ke jalan-jalan. Kehebohan ini membuat beberapa orang dikabarkan pingsan karena panik. Dinding mall plaza Semanggi bahkan dikabarkan retak.

Rapat pleno Komisi Pemuilihan Umum yang sedang berlangsung untuk membahas penetapan caleg terpilih di tujuh kabupaten mendadak bubar akibat gempa yang melanda. Semua peserta rapat, termasuk Komisioner dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) diserang kepanikan dan berbondong-bondong keluar dari Gedung KPU.

Gempa susulan dikabarkan sudah terjadi sebanyak tiga kali. BMG Banjarnegara mencatat gempa susulan itu terjadi dengan kekuatan lebih kecil antara 5,1 skala richter sampai 3,5 skala richter, sehingga guncangannya tak terasa di sekitar daratan. Gempa susulan pertama terjadi sekitar tiga sampai lima menit setelah gempa berkekuatan 7,3 SR terjadi, sekitar pukul 15.08, dengan kekuatan 5,1 SR. Gempa susulan kedua terjadi pukul 15.16, dengan kekuatan 4,5 SR, dan gempa ketiga terjadi pukul 15.25, dengan kekuatan 3,5 SR.

Gempa yang tadinya disebut berpotensi tsunami ini akhirnya dicabut statusnya oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika setelah dilakukan beberapa pengamatan terlebih dahulu.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami