Serius Berantas Teroris, Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Negara Lain

Nasional / 31 August 2009

Kalangan Sendiri

Serius Berantas Teroris, Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Negara Lain

Budhi Marpaung Official Writer
3033

Pemberantasan terorisme yang menjadi salah satu fokus pemerintah Indonesia saat ini ditunjukkan salah satunya dalam bentuk kerjasama dengan belasan negara sahabat. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo AS pada rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di gedung DPR, Jakarta.

"Hingga saat ini Indonesia telah mengadakan perjanjian bilaterial di bidang penanggulangan terorisme dengan Australia, India, Pakistan, Sri Lanka, Rumania, Rusia, dan Mesir. Selain itu, pemerintah juga melakukan kerja sama dengan Uni Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Selandia Baru, dan negara-negara ASEAN, walaupun belum ada MoU," ujar Widodo seperti yang kami kutip dari Kompas.com, Senin 31 Agustus 2009.

Dalam rapat yang membahas mengenai perkembangan terakhir masalah terorisme tersebut, Widodo menjabarkan bagaimana Pemerintah Indonesia saat ini sedang melakukan pembahasan draf MoU dengan negara-negara seperti Polandia, Arab Saudi, Serbia, Uzbekistan, Sudan, dan Venezuela. Kerangka kerjasama tersebut berisi mengenai aturan ekstradisi dan mutual legal assistance (MLA) dalam upaya menghukum pelaku tindak pidana terorisme dan menuntaskan aksi-aksi terorisme secara keseluruhan.

Langkah-langkah kerjasama yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam rangka pemberantasan terorisme di Indonesia pada khusunya, maupun di dunia pada umumnya patut diacungi jempol.  Namun, semoga apa yang dilakukan saat ini hendaknya bukan karena sekedar pencarian publisitas semata media atau pihak luar negeri, tetapi murni untuk menjaga stabilitas keamanan negara dan bangsa.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami