Atasi Krisis Percaya Diri Anak Remaja Anda

Parenting / 26 August 2009

Kalangan Sendiri

Atasi Krisis Percaya Diri Anak Remaja Anda

Puji Astuti Official Writer
4374
Anak remaja seringkali rentan terhadap masalah kepercayaan diri. Mereka seringkali begitu mudah menjadi minder karena pendapat teman atau bahkan hanya tidak bisa menjadi sama seperti teman-temannya. Tentu Anda peduli dengan keadaaan buah hati Anda yang sudah beranjak remaja tersebut dan ingin dia menjadi pribadi yang percaya diri.

Menerima dirinya apa adanya adalah sikap bijaksana, jangan membuatnya minder karena mungkin berat badannya yang Anda nilai sudah tidak ideal, atau karena nilainya yang tidak sebaik kakak atau adiknya. Dia perlu mengetahui bahwa dirinya dicintai apa adanya oleh orangtuanya sendiri. Jika putri Anda meminta bantuan Anda mengatasi masalah berat badannya, berilah bantuan itu. Namun sebelum memberikan suatu saran, akan lebih baik menanyakan padanya apa yang sebaiknya ia lakukan.

Tugas orangtua bagi anak remajanya bukanlah menyelesaikan masalah mereka, namun membimbing mereka. Jadilah seorang teman bagi putra putri Anda, buat mereka merasa aman untuk bercerita dan berbagi tentang berbagai hal yang dia alami.

Perasaan berharga, atau percaya diri tidak bisa Anda berikan secara instan. Hal tersebut butuh suatu usaha dari si anak untuk mencapainya. Bimbing dia untuk bisa mandiri dan berikan peluang bagi mereka untuk mencapai kesuksesan.

Tugas Anda sebagai orangtua disini adalah memperlakukan buah hati Anda seolah-olah mereka sanggup dan memberikan dukungan positif hingga mereka mencapai keberhasilan. Keberhasilan inilah yang akan ia banggakan dan membangun kepercayaan dirinya.

Selain itu, setiap kali dia melakukan hal-hal kecil yang positif dan baik di rumah maupun di tempat umum, berikan pujian atas hal tersebut.

Dukunglah anak Anda untuk terlibat dalam kegiatan sosial seperti di lingkungan rumah, maupun di gereja atau sekolahnya. Kegiatan sosial akan menumbuhkan sikap peduli dalam diri anak-anak remaja, dan mereka yang aktif dalam kegiatan sosial seperti ini biasanya lebih sedikit mengkuatirkan atau merasa tidak percaya diri.

Memberikan tanggung jawab pada putra-putri Anda yang menginjak masa remaja memang tidak mudah. Namun dengan mengajarkannya untuk menerima tanggung jawab seperti melakukan suatu tugas di rumah seperti mencuci piring atau membersihkan kamarnya sendiri, hal itu mengajarkan bahwa Anda mempercayai dia dan dia bisa dipercaya dan diandalkan, bukan sekedar mengurangi pekerjaan orangtua saja. Buat dia mengerti, bahwa Anda mengandalkan dia dalam hal-hal tertentu yang Anda percayakan kepadanya, dan Anda mempercayainya.

Bila Anda menerima dengan tulus buah hati Anda sebagaimana dia adanya, dia akan tahu bahwa dirinya dicintai oleh orang yang menempati tempat paling istimewa dalam hidupnya. Bila Anda memberikan dorongan dan peneguhan padanya, dia akan sadar bahwa sesungguhnya dia dikaruniau dengan banyak talenta yang luar biasa. Dia akan belajar mengelola kehidupannya, memikul tanggung jawab, serta membuat keputusan-keputusan yang akan mengarahkan kehidupannya pada rencana Tuhan dengan bimbingan dari Anda.

Sumber : HELP! There's a Teenager In My House; Wayne Rice; Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami