Kurikulum Baru Sekolah Ada Mata Pelajaran Narkoba dan HIV/AIDS

Nasional / 26 August 2009

Kalangan Sendiri

Kurikulum Baru Sekolah Ada Mata Pelajaran Narkoba dan HIV/AIDS

Budhi Marpaung Official Writer
3654

Dinas Pendidikan Kota Bandung menyatakan bahwa mulai tahun ajaran 2010/2011, sekolah-sekolah di bandung akan terdapat materi pelajaran tentang narkoba dan HIV/AIDS. Demikian berita yang kami kutip dari Kompas.com, Rabu 26 Agustus 2009.

Menurut rencana, mata pelajaran baru ini akan ditangani langsung oleh para guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang memang sebelumnya telah dibekali pengetahuan khusus. Waktu untuk masing-masing kedua mata pelajaran baru ini adalah satu jam, paling tidak satu kali dalam seminggu.

Dengan adanya upaya pencegahan penggunaan narkoba sejak dini melalui dunia pendidikan maka diharapkan angka penggunaan narkoba dan penyebaran HIV/AIDS di kalangan remaja pun turut berkurang.

Berdasarkan catatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jawa Barat, sedikitnya terdapat 1.763 kasus HIV/AIDS yang berhasil mereka data di kota berjulukan ‘Kota Kembang' tersebut sejak tahun 1989 sampai Maret 2009.

Apa yang dilakukan Disdik kota Bandung saat ini hendaknya menjadi sebuah ide yang dapat ditiru oleh dinas pendidikan kota lainnya di Indonesia. Semoga apa yang menjadi tujuannya dengan memasukkan mata pelajaran narkoba dan HIV/AIDS ke kurikulum siswa di tahun ajaran baru nanti dapat tercapai sehingga Bandung menjadi kota yang tidak hanya menjadi kota tren mode atau musik, tetapi juga kota gaya hidup sehat.   

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami