Networking Buka Jalan Pekerjaan Lebih Baik

Career / 26 August 2009

Kalangan Sendiri

Networking Buka Jalan Pekerjaan Lebih Baik

Tammy Official Writer
2850
Hampir di setiap buku atau artikel pencarian kerja menekankan pentingnya networking. Contohnya, perencana karir Sharon Reed Abboud mengatakan, "Anda perlu untuk menjadi seorang networker yang aktif... Dengan networking, Anda berpotensi untuk memisahkan diri Anda dari penilaian dari pencari kerja lainnya yang melamar di setiap lowongan pekerjaan. Dalam perekonomian masa sekarang, para pemberi kerja sudah kebanjiran dengan banyaknya aplikasi lamaran kerja. Cara terbaik agar resume Anda disimak adalah dengan networking secara aktif dan mencoba untuk mencari orang yang mungkin saja bisa merekomendasikan Anda untuk sebuah kesempatan kerja."

Para ahli memperkirakan hanya sekitar 15% hingga 25% lowongan yang diiklankan di internet. Kebanyakan dari posisi yang tersedia berada di pasar "tersembunyi." Networking adalah kunci untuk mencari lowongan-lowongan kerja yang "tersembunyi" itu. Pun, banyak selagi banyak pemburu lowongan kerja mengetahui bahwa networking itu penting, mereka akan mengakui bahwa mereka tidak melakukannya dikarenakan mereka tidak pasti dengan apa yang harus dilakukan. Semenjak networking adalah sebuah strategi pencari kerja yang penting, mari lihat seperti apakah itu, apakah yang bukan, dan beberapa tips untuk melakukannya secara efektif.

Apakah networking? Secara sederhana, networking adalah membangun aliansi yang bermanfaat secara mutual, atau koneksi-koneksi, dengan orang lain. Networking, yang terbaiknya, adalah tidak formal, memerlukan proses. Melainkan, networking adalah berbicara dengan orang yang telah Anda ketahui (atau berkeinginan untuk mau tahu), dan memiliki mereka menolong Anda memperluas jaringan informasi dan kontak Anda.

Tips Untuk Memperlebar Jaringan Anda
Jika Anda sedang mencari pekerjaan baru atau ingin mencari pekerjaan yang lebih baik, berikut ada beberapa tips penting untuk networking. Mengikuti saran-saran ini bisa menolong Anda mendapatkan pekerjaan lebih cepat:
- Definisikan target pekerjaan Anda (yaitu, posisinya - seperti akuntan, customer service, dll - yang Anda inginkan). Orang lain bisa sangat membantu ketika mereka mengetahui apa jenis pekerjaan spesifik yang Anda inginkan.
- Praktikkan komunikasi secara jelas keahlian-keahlian dan pengalaman yang Anda miliki yang mengkualifikasikan Anda untuk tipe pekerjaan tersebut. Orang akan lebih nyaman mereferensikan Anda kepada seseorang yang mereka ketahui jika mereka mempercayakan Anda benar-benar berkualifikasi untuk pekerjaan tersebut.
- Buatlah daftar orang yang telah Anda kenal (teman, relasi, rekan kerja, orang-tua dari teman anak Anda, bekas teman sekelas, kenalan di gereja, dll) Ingatkan diri Anda bahwa orang-orang yang telah Anda kenal adalah jalan terbesar untuk memulai jaringan Anda.
- Perluas jaringan Anda dengan bergabung pada asosiasi professional. Ini adalah teman terhebat untuk bertemu dengan orang-orang yang bekerja pada bidang pekerjaan yang Anda tertarik. Lakukan riset internet untuk mencari kunci asosiasi pada bidang Anda.
- Kembangkan sebuah profil online pada Linkedin.com, dan ambillah keuntungan dari kesempatan untuk bergabung pada alumni Linkedin dan grup-grup professional untuk membuat koneksi-koneksi baru.
- Volunteer. Dalam sebuah survei, menjadi sukarelawan terdapat sebagai cara kedua terbaik untuk berjejaring. Juga, dan mungkin saja lebih penting lagi dengan mem-volunteer-kan waktu dan keahlian-keahlian Anda akan memberikan sukacita dan energi sebagaimana Anda berfokus untuk menolong orang lain.

Business NetworkingBersiaplah!
Anda tidak akan pernah tahu ketika Anda bertemu dengan seseorang yang bisa menolong Anda menghubungkan Anda kepada pekerjaan yang tepat! Berikut adalah beberapa jalan Anda bisa bersiap: tetaplah rapi (bahkan jika Anda harus mengerjakan banyak tugas); milikilah beberapa ekstra kopi dari resume atau kartu bisnis Anda tersedia kemanapun Anda pergi, buatlah gol berapa banyak orang yang akan Anda kontak setiap harinya, dan, jadikanlah sebuah kebiasaan untuk memulai pembicaraan dengan orang baru selagi mengantri, di pesta, event olahraga anak Anda, di jemaat gereja, dll. Juga, ingatlah bahwa berjejaring itu bertimbal-balik: carilah untuk menyediakan berbagai bantuan setidaknya satu orang setiap harinya. Alkitab mengatakan kepada kita untuk menjadi pelayan, dan bahwa kita akan menuai apa yang kita tabur!

Networking tidak hanya akan mempercepat proses pencarian kerja Anda yang selanjutnya, tetapi itu juga bisa memperkaya kehidupan Anda dengan hubungan-hubungan baru dan kesempatan-kesempatan baik untuk diberi maupun diterima. Mulailah sekarang - pekerjaan Anda selanjutnya bisa jadi hanya sebatas pembicaraan saja jauhnya!

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami