Israel Protes Dituduh Menjual Organ Warga Palestina

Nasional / 19 August 2009

Kalangan Sendiri

Israel Protes Dituduh Menjual Organ Warga Palestina

Lestari99 Official Writer
2746

Sebuah artikel surat kabar Swedia memancing kecaman dari para pejabat Israel maupun Swedia sendiri. Pasalnya, artikel tersebut menyatakan bahwa pasukan Israel membunuh orang-orang Palestina untuk menjual organ mereka.

Surat kabar "Aftonbladet", harian dengan sirkulasi terbesar di Swedia itu, menurunkan artikelnya di halaman budaya. Artikel itu ditampilkan dengan judul berita "Tentara Israel Merampok Organ Anak-Anak Kami." Artikel itu mengutip sejumlah warga Palestina yang mengaku bahwa para tentara Israel menangkapi anak-anak muda Palestina dan mengembalikan mayat mereka ke keluarga dalam keadaan dimana sejumlah organ mereka hilang.

Rabu ini, juru bicara Kementerian LN Israel, Yigal Palmor, mengatakan, artikel itu jelas bersifat rasial. Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Swedia di Israel mengatakan, bangsa Swedia, seperti halnya bangsa Israel, mendapati artikel itu mengejutkan dan mengerikan.

Benar atau tidaknya berita tersebut, tapi memang seringkali situasi konflik banyak memancing asumsi dan kecurigaan yang tiada awal pangkalnya. Kalau memang berita itu benar adanya, perlu dilakukan investigasi menyeluruh sebelum mengeluarkan berita yang bisa memancing kontoversi seperti ini.

Sumber : VOAnews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami