4 Hal Penting Saat Menitipkan Anak Pada Orangtua

Parenting / 12 August 2009

Kalangan Sendiri

4 Hal Penting Saat Menitipkan Anak Pada Orangtua

Puji Astuti Official Writer
3407

Anda dan pasangan bekerja, dan butuh  pribadi yang dipercaya untuk bisa memperhatikan dan mengasuh buah hati Anda, banyak kali pilihan dijatuhkan pada orangtua atau kakek dan nenek buah hati Anda. Namun ketika Anda mempercayakan putra-putri Anda pada orangtua Anda ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Aturan dari orangtua Anda tentang pengasuhan

 

Bukanlah hal mudah untuk membuat kesepakatan dengan orangtua Anda tentang pola pengasuhan, tetapi membicarakannya diawal akan memastikan bahwa hal itu sukses.

 

Pastikan orangtua Anda tahu apa yang dimanakan anak Anda, kapan harus makan, tidur dan minum susu. Tayangan tv apa saja yang boleh ditonton dan bukan, serta bagaimana cara mendisiplinkan buah hati Anda.

 

Mungkin Anda juga perlu menuliskannya, buatlah aturan yang benar-benar penting saja, karena terlalu banyak aturan akan membuat orangtua Anda merasa tidak dipercaya oleh Anda.

 

Mempercayai orangtua Anda

 

Ketika Anda sudah menyetujui aturan bersama, percayailah orangtua atau mertua Anda akan menghormati kesepakatan tersebut dan tidak akan mengecewakan Anda.

 

Ketika Anda pulang menemukan anak Anda dalam keadaan kotor atau mainan ditaruh di tempat yang berbeda, tahan dulu mulut Anda, jangan berkomentar apapun. Hanya karena orangtua Anda mengasuh buah hati dengan cara yang berbeda bukan berarti mereka salah.

 

Bicarakan masalah keuangan

Tidak ada yang lebih nyaman dari pada meninggalkan anak Anda pada sang nenek, karena mereka akan mencintainya seperti Anda mencintai buah hati Anda bahkan mungkin lebih besar. Namun ada hal yang perlu Anda bicarakan dengan orangtua Anda, yaitu masalah keuangan. Hal-hal apa saja yang perlu Anda tunjang dalam keuangan bagi orangtua Anda. Hal ini seperti biaya belanja, gas, jalan-jalan atau memberikan mereka uang untuk liburan. Jadi jangan seperti Anda membayar orangtua Anda untuk mengasuh buah hati Anda.

 

Menjaga hubungan dengan anak Anda

Dengan menitipkan buah hati Anda pada sang nenek atau kakeknya, hal itu membuah sebuah hubungan yang erat antara mereka. Namun jangan sampai hubungan tersebut menggantikan hubungan Anda sebagai orangtuanya. Anda harus tetap menjaga agar memiliki waktu-waktu berkualitas dengan anak Anda.

Sumber : About/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami