Politisi Banyak Yang Tidak Berkualitas

Nasional / 4 August 2009

Kalangan Sendiri

Politisi Banyak Yang Tidak Berkualitas

Tammy Official Writer
2654
Rusak dan rendahnya kualitas hakim sesungguhnya bukan monopoli lembaga peradilan. Di dunia politik pun, kualitas politisinya juga rendah. Begitu diungkapkan anggota Komisi III dari Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Saifuddin.

"Karena orang-orang yang berkualitas banyak yang alergi memasuki dunia politik, tidak heran kalau politisi kita banyak yang avonturir saja," ujarnya ketika menjadi salah satu pembicara dalam seminar peringatan 4 tahun Komisi Yudisial di Jakarta, tentang krisis budaya politik dan mafia peradilan.

Politisi juga bukanlah orang-orang terbaik. Penyebabnya, menurut Lukman, karena di era lalu politik dijauhi sehingga banyak yang alergi. Padahal, dunia politik juga perlu terlibat mewujudkan peradilan yang bersih. "Inilah yang merusak politik kita," ujarnya.

Namun, menurut Lukman, demokrasi yang berjalan telah membuka peluang yang sama untuk memperjuangkan nilai yang diyakini kebenarannya. "Inilah nantinya yang akan bisa mendorong bangsa kita untuk mewujudkan peradilan yang bersih itu," ujarnya.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami