Atasi Tunggakan Tagihan Dalam 5 Langkah

Investment / 3 August 2009

Kalangan Sendiri

Atasi Tunggakan Tagihan Dalam 5 Langkah

Puji Astuti Official Writer
2759

Jika tagihan Anda membengkak dan penghasilan Anda sepertinya tidak bisa menutup tagihan dan juga pengeluaran sehari-hari Anda, hal ini pasti membuat Anda merasa sangat tertekan. Hal ini mungkin saja terjadi, apa lagi situasi saat ini membuat orang begitu mudah untuk mendapatkan akses pinjaman. Jika Anda mengalami hal ini, Anda perlu melakukan tindakan tegas agar bisa keluar dari masalah ini. Beberapa tips ini pasti Anda bisa lakukan.

1. Kurangi pengeluaran Anda

 

Pertama, Anda perlu mengurangi pengeluaran Anda. Bisa dipastikan ada beberapa hal yang bisa Anda kurangi, atau tunda dulu. Untuk mengurangi biaya sewa, mungkin Anda bisa berbagi kamar dengan rekan Anda. Kurangi juga jajan di luar, dan juga pengeluaran untuk entertain seperti nonton, beli buku atau sejenisnya. Berhenti gunakan kredit card Anda untuk sementara waktu, hal tersebut hanya akan membuat situasi bertambah buruk

 

2. Cari penghasilan tambahan

 

Hal kedua yang perlu Anda lakukan setelah mengurangi pengeluaran adalah mencari penhasilan tambahan. Mungkin Anda bisa bekerja part-time, atau bekerja lembur. Anda juga bisa menjual beberapa aset yang Anda miliki untuk membayar tagihan Anda.

 

Dengan cara mencari penghasilan tambahan, Anda bisa terpacu untuk bekerja keras hingga penghasilan Anda paling tidak bisa menutup semua pengeluaran Anda.

 

3. Cari solusi jangka panjang

 

Ketiga, Anda perlu mencari solusi jangka panjang. Mungkin Anda perlu mengikuti pelatihan ataupun mengambil jenjang pendidikan lebih tinggi untuk bisa di promosikan ataupun mencari pekerjaan dengan penghasilan lebih tinggi.

 

Jika Anda melakukan hal ini, pastikan Anda memilih sesuatu yang Anda sukai dan juga Anda kuasai dengan baik. Dengan cara ini, Anda pasti akan mendapatkan keuntungan maksimal dari pendidikan tambahan tersebut.

 

4. Hubungi kreditor Anda

 

Hubungi kreditor Anda untuk mencari kemungkinan terbaik agar Anda bisa melunasi hutang Anda. Mungkin Anda bisa meminta perpanjangan waktu dan juga mengurangi bunga hutang Anda untuk sementara. Mungkin hal ini bisa dilakukan dengan syarat Anda harus berhenti menggunakan kredit card.

 

5. Putuskan prioritas Anda

 

Sebelum Anda membayar hutang Anda, pastikan kebutuhan pokok Anda sudah tercukupi. Ini artinya Anda bisa makan selama sebulan, memiliki tempat tinggal dan juga bisa pergi ke kantor, setelah semua itu bisa tercover baru bayarlah tagihan Anda. Dengan melakukan prioritas ini, Anda bisa bertahan tiap bulannya dan secara pelan tapi pasti bisa melunasi hutang dan tagihan Anda yang menunggak.

 

Aturlah keuangan Anda dengan baik, buat buget bulanan, dan pastikan setiap tagihan bulanan Anda bisa terbayar. Jika semua itu belum terpenuhi, jangan pikirkan hal-hal lain seperti nonton film, jalan-jalan, atau beli baju baru. Selamat mencoba.

Sumber : About.com
Halaman :
1

Ikuti Kami