Kabut Asap Kembali Tutupi Kota Palangkaraya

Nasional / 30 July 2009

Kalangan Sendiri

Kabut Asap Kembali Tutupi Kota Palangkaraya

Budhi Marpaung Official Writer
3133

Sinar matahari sudah bersinar di Kota Palangkaraya pada pagi ini, hanya bila mata memandang tidak terlihat satu pun benda atau manusia yang melewatinya. Ya, Kota Palangkaraya hari ini sudah diselimuti kabut asap tipis. Demikian berita yang dirilis Kompas.com, Kamis 30 Juli 2009.

Kabut Asap tipis ini terjadi karena perubahan iklim yang terjadi di Indonesia pada umumnya. Setidaknya begitulah menurut Kepala Unit Pelaksana teknis Daerah Laboratorium Lingkungan Balai Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya Andrie Manurung kepada wartawan yang mewawancarainya.

Andrie menuturkan bahwa selain perubahan iklim, kebakaran lahan adalah penyebab kualitas udara Palangkaraya masuk ke dalam kategori sedang dimana sebelumnya berada dalam kategori baik.

Untuk mencegah rusaknya kesehatan masyarakat atas kejadian ini maka Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya sudah menyiapkan 100.000 masker yang akan dibagikan sewaktu-waktu apabila kualitas udara di kota tersebut memburuk.

Apa yang terjadi di Kota Palangkaraya sebenarnya bukanlah hal pertama kali terjadi. Oleh karena itu, diperlukan penindakan tegas dari Pemerintah Daerah terhadap para pembalak liar dan perusak hutan yang tidak hanya merugikan alam, tetapi juga keberadaan manusia juga.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami