Hasil Rekapitulasi Akhir KPU, SBY Peroleh 60.80 % Suara

Nasional / 23 July 2009

Kalangan Sendiri

Hasil Rekapitulasi Akhir KPU, SBY Peroleh 60.80 % Suara

Puji Astuti Official Writer
2626

Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu presiden dan wakil presiden 2009 pada Kamis (23/7), dengan hasil perolehan suara tertinggi di peroleh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono - Boediono dengan jumlah suara73.874.562 atay 60.80 persen suara, urutan kedua adalah pasangan Megawati Soekarno Putri - Prabowo Subianto dengan perolehan 32.548.105 suara atau 26,79 persen suara. Pasangan terakhir Jusuf Kalla - Wiranto memperoleh 15.081.814 suara atau 12,41 persen suara.

Proses penghitungan suara dari 33 provinsi ini dilakukan KPU lebih cepat dari jadwal seharusnya. Dalam rekapitulasi suara hari kedua ini hanya di hadiri oleh saksi dari pasangan SBY-Boediono, yaitu Didik Mukrianto dan Joko Widodo. Sedangkan saksi dari pihak Megawati - Prabowo dan JK - Wiranto tidak hadir pada rapat pleno tersebut.

Dengan ketidak hadiran saksi dari kedua pasangan tersebut maka hasil penghitungan suara ini hanya ditandatangani oleh saksi dari pasangan SBY-Boediono saja.

Dengan hasil penghitungan suara yang sah dari KPU ini maka SBY-Boediono telah dinyatakan sebagai pemenang pemilu presiden -wakil presiden 2009. Sekalipun ada pelanggaran diberbagai hal dalam pelaksanaan pemilu kali ini, semoga hal tersebut bisa diluruskan melalui jalur hukum yang sudah ada. Bagi pemenang pemilu, ini adalah saatnya untuk mengemban tugas, bagi mereka yang kalah ini saatnya menjadi pengawal demokrasi dengan tetap berhati besar menerima hasil dari pemilu. Indonesia, mari jaga kedamaian di negeri ini.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami