TKI Dilarang, Faktanya Sumbang 8 Trilyun bagi Devisa Jateng

Nasional / 21 July 2009

Kalangan Sendiri

TKI Dilarang, Faktanya Sumbang 8 Trilyun bagi Devisa Jateng

Lestari99 Official Writer
3340

Ramai-ramai berita dihentikannya pengiriman TKI ke Malaysia sebenarnya tidak hanya membuat Malaysia kebakaran jenggot. Faktanya, sepanjang tahun 2008 saja TKI Malaysia telah memnyumbang 8 trilyun bagi devisa daerah dari Jawa Tengah saja. Bayangkan bila digabungkan dengan dengan devisa dari daerah-daerah lain yang juga memiliki andil dalam pengiriman TKI ke Malaysia, walaupun mungkin dari segi jumlah tidak sebanyak Jawa Tengah.

Padahal jumlah 8 trilyun tersebut barulah jumlah yang tercatat secara resmi di Bank Indonesia. Sementara kebanyakan TKI banyak yang masih secara tradisional pulang ke Indonesia sambil mengantongi uang atau mengirim pajak penghasilan mereka melalui biro jasa tidak remi. Penghentian pengiriman TKI ke Malaysia sejak tanggal 26 Juni 2009 kemarin sangat berpengaruh terhadap sumbangan devisa dari para TKI itu sendiri bagi daerahnya.

TKI yang bekerja di Malaysia merupakan penyumbang devisa terbesar karena hamper 60 persen devisa TKI berasal dari Malaysia. Dari Jawa Tengah sendiri, jumlah TKI yang bekerja di Malaysia mencapai 90.000-an orang dari total TKI yang bekerja di Malaysia sebanyak 2,4 juta orang (1,4 juta terdaftar dan 1 juta tidak terdaftar).

Banyak hal yang memang telah menjadi masalah klasik dalam hal perlindungan terhadap TKI di Malaysia. Jika penghentian pengiriman TKI merugikan kedua belah pihak, sepertinya penghentian pengiriman TKI bukan jalan keluar yang terbaik. Harus dipikirkan solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak agar perlindungan terhadap nasib para TKI di Malaysia dapat terjaga dengan baik.

Sumber : Antara / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami