Anakku Sebaiknya Masuk Sekolah Mana

Parenting / 13 June 2009

Kalangan Sendiri

Anakku Sebaiknya Masuk Sekolah Mana

agnes.faith Official Writer
2896

Kurikulum sangat penting. Karena hal itu yang akan menentukan isi, bahan pelajaran serta cara dalam mendidik anak Anda. sebuah sekolah tanpa kurikulum yang jelas sama seperti sebuah perahu yang berlayar tanpa tujuan.

Sekolah seperti apa yang pas untuk anak Anda? mungkin jawabannya tidak ada yang "pas". Tetapi ada beberapa pedoman yang dapat dijadikan kritetria:

  • Allah mencipatakan manusia secara unik. Karena itu pilihlah sekolah dengan kurikulum yang memberikan tempat kepada keunikan tiap-tiap anak Anda.
  • Allah memberikan tempat penting pada "proses". Kristus membentuk murid-murid-Nya setiap hari selama 3,5 tahun. Ia tidak menyulap mereka menjadi hebat dalam seketika. Sebaliknya Ia memberikan tempat untuk mereka bereksplorasi, sehingga menimbulkan pertanyaan dan diskusi. Dan Kristus tidak membuang Petrus yang berbuat salah berulang kali. Pilihlah sekolah dengan kurikulum yang memberi tempat pada proses berkelanjutan.
  • Pilih pula sekolah dengan kurikulum yang menekankan kemampuan kognitif tapi terutama pembentukan hati dan karakter. Paulus seorang yang hebat tapi ia baru bisa dipakai Tuhan ketika terjadi pertobatan dan perubahan karakter dalam dirinya.

Cara supaya Anda dapat melihat apakah sebuah sekolah menjalankan kurikulum sesuai dengan yang ditawarkan atau tidak adalah dengan menanyakan kurikulum yang sekolah miliki dari tingkat dasar sampai dengan lanjutan.

Sekolah yang baik harus mempunyai kurikulum yang berkesinambungan. Gampangnya tidak mungkin Anda belanja bahan untuk gado-gado kalau tujuan Anda membuat rawon bukan? Kalau sekolah itu mengatakan mengikuti kurikulum nasional, maka tanyakan bukankah pemerintah memberikan otonomi kepada sekolah untuk membuat kurikulum sendiri dan  karena itu disebut kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Sumber : getlife magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami