Kemarahan Anda Mempengaruhi Anak

Parenting / 6 June 2009

Kalangan Sendiri

Kemarahan Anda Mempengaruhi Anak

agnes.faith Official Writer
2993

Tidak sulit untuk menjadi orangtua. Yang sulit adalah menjadi orangtua yang baik. Setiap anak yang berperilaku buruk biasanya ada alasan kuat mengapa mereka melakukan hal itu. sebagian alasannya adalah perlakukan teman sekolahnya, atau persaingan antar saudara.

Kemarahan orangtua membuat anak bingung

Bila hubungan Anda dengan pasangan tidak sehat, mudah sekali mempengaruhi perlakukan Anda terhadap anak. Mereka akan cenderung melihat bagaimana sikap dari orangtua mereka. Bagaimana mereka menerapkan kebutuhan emosional mereka.

Kemarahan akan membuat perbedaan dalam mendidik. Bila Ada mulai bermain dengan emosi Anda, Anda dapat terjebak dalam permainan "polisi baik-polisi jahat". Dimana saat Anda baik, Anda dapat mengikuti semua kemauan anak Anda, namun bila Anda sedang emosi Anda dapat memarahi anak Anda bahkan ada yang sampai memukul.

Marah dan disiplin

Marah adalah disiplin yang salah. Disiplin adalah tentang bagaimana Anda membimbing anak Anda kepada perilaku yang baik dan pilihan yang benar. Kemarahan adalah tentang bagaimana Anda menghukum anak Anda. dengan begitu Anda sama saja sedang mengharapkan sesuatu yang lebih dari apa yang anak Anda dapat lakukan. Mereka akan merasa dibawah tekanan.

Gunakan disiplin yang positif

Biarkan anak Anda tau bahwa Anda tidak suka dengan apa yang ia lakukan, tetapi dengan cara yang benar. Komunikasikan perasaan Anda. focus pada kelakuannya yang tidak disukai, bukan anak Anda yang Anda tidak sukai. Jangan katakan, "Kamu jahat sekali sudah memukul adikmu", tetapi coba katakan "Memukul adalah hal yang tidak baik."

Mengerti mengapa anak berlaku demikian

Anak Anda tidak akan berkelakukan menantang untuk membuat hidup Anda semakin sulit. Mereka sedang berada dalam tahap perkembangan dimana mereka sedang sulit untuk focus pada sesuatu dalam waktu bersamaan. Mereka terlalu kecil untuk mengekspresikan kesedihan mereka atau sulit untuk mengekspresikan secara verbal, maka ia pun memukul adiknya. Tetapi bila Anda menghukumnya dengan memukulnya tidak akan membuat mereka jera, justru mereka akan semakin meniru apa yang Anda lakukan.

Jangan menghukum anak Anda dalam kemarahan

Kemarahan akan membuat Anda kehilangan akal sehat. Anda akan memakai emosi dan bukan logika. Ambil waktu untuk meredakan emosi Anda sebelum Anda melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda menyesali telah berbuat itu.

Kemarahan dapat Anda pakai sebagai sinyal untuk menandakan ada sesuatu yang salah. Tetapi ingat, harus menggunakannya dengan cara yang positif supaya anak Anda tahu bahwa Anda menyayangi mereka dan tetap membimbing Anda.

Sumber : supernanny/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami