Menjaga Keuangan Anda Dari Naiknya Harga BBM

Investment / 5 June 2009

Kalangan Sendiri

Menjaga Keuangan Anda Dari Naiknya Harga BBM

Budhi Marpaung Official Writer
3144

Masih tingginya harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia saat ini tentu saja membuat banyak pihak kebingungan. Fluktuatifnya harga minyak mentah dunia tentu saja membuat semua orang was-was sekarang ini. 

Dengan harga BBM yang ada saja masih banyak orang yang kelimpungan mengatur anggaran hidupnya. Walaupun, jumlah kendaraan di kota-kota besar sepertinya meningkat saja bukan berarti bahwa keuangan masyarakat Indonesia dalam posisi yang aman (baik-baik saja). Perlu ada jalan keluar untuk mengatasi hal ini.

Menjaga keuangan Anda adalah kata kunci untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi, menjadi pertanyaan bagaimana menjaga keuangan Anda agar tetap aman walaupun terkena dampak kenaikan harga BBM? Berikut tipsnya:

Tentukan berapa banyak Anda membelanjakan BBM setiap bulannya. Anda dapat melakukannya pertama kali dengan mencatat pengeluaran bensin yang Anda gunakan setiap bulannya. Untuk memudahkan pengecekkan gunakan Uang tunai pada setiap transaksi Anda. Kemudian hitung berapa banyak pengeluaran Anda apakah sesuai dengan anggaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

Pangkas pengeluaran jika memang diperlukan. Dengan melakukan pemangkasan kepada hal yang dapat dikesampingkan, Anda dapat membantu menyeimbangkan anggaran Anda. Dana seharusnya yang telah Anda potong dapat Anda alokasikan ke pengeluaran lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu buka tutup lubang agar bisa menyeimbangkan anggaran keuangan Anda setiap bulannya.

Kombinasikan perjalanan Anda dalam satu waktu. Untuk menghemat bahan bakar, ada baiknya lakukan beberapa urusan dalam satu waktu. Pemakaian kendaraan selama lima hari secara maksimal lebih baik daripada Anda terus  menggunakannya satu minggu.

Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam pengaturan keuangan Anda. Selamat mencoba.

 

Sumber : crown.org/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami