Air Seni Layak Minum Bagi Para Astronot

Nasional / 22 May 2009

Kalangan Sendiri

Air Seni Layak Minum Bagi Para Astronot

Lestari99 Official Writer
3801

Para astronot di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) untuk pertama kali minum air hasil daur ulang air seni sendiri.

Para awak menggunakan apa yang disebut Water Recovery System, yaitu alat seharga 250 juta dollar AS. "Kontrol Misi NASA memberi air minum dari urin yang telah didaur ulang kepada 19 astronot di Stasiun Ruang Angkasa Internasional," bunyi pernyataan NASA, Kamis (21/5).

Komandan Rusia Gennady Padalka, awak Mike Barratt dari Amerika serta Koichi Wakata dari Jepang merayakan keberhasilan uji coba itu dengan meminum bersama-sama air hasil daur ulang itu. "Rasanya luar biasa," kata Barratt.

Penemuan unik tapi membawa manfaat besar bagi para awak luar angkasa yang memang minim air selama perjalanan mereka ke luar angkasa. Dan mungkin saja alat ini pada akhirnya bisa dipakai untuk menyelamatkan banyak nyawa, katakan saja seperti para pendaki gunung yang tersesat, atau mungkin kondisi lain yang menuntut orang untuk dapat tetap bertahan hidup dengan kondisi air bersih yang minim.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami