Israel Peringatkan Warganya Spy Request Via Facebook

Nasional / 20 May 2009

Kalangan Sendiri

Israel Peringatkan Warganya Spy Request Via Facebook

Tammy Official Writer
3619
Kelompok-kelompok teroris menggunakan Facebook dan situs-situs jejaring pertemanan lainnya untuk merekrut warga Israel sebagai mata-mata, peringatan pemerintah Israel.

Shin Bet, agen keamanan Israel, mengungkapkan sebuah pernyataan peringatan warga Israel mengenai bahaya-bahaya dari pertukaran informasi penting untuk uang.

"Shin Bet telah mendapatkan banyak laporan mengenai kasus-kasus dimana elemen-elemen teroris menggunakan internet untuk berhubungan dengan warga Israel dengan proposal-proposal untuk menarik dalam aktifitas terror atau untuk mendapatkan informasi rahasia dengan pembayaran," isi pernyataan tersebut.

Tidak hanya informasi yang bocor yang menyakiti keamanan Israel, para warga yang berkeliling ke Negara-negara lain untuk menukarkan informasi untuk uang "mungkin membawa mereka diculik oleh organisasi-organisasi terror," ujar Shin Bet.

Pemerintah Israel tidak mengungkapkan contoh-contoh apapun dari warga Israel yang menjadi mata-mata melalui Facebook, tetapi mendeskripsikan satu percobaan.

"Baru-baru saja, seorang warga Israel menghubungi Shin Bet dan mengeluhkan mengenai sebuah request di Facebook dari seseorang yang mengenalkan dirinya sebagai pedagang Libanon, yang bertanya kepadanya untuk memberikan dirinya informasi rahasia berharga untuk sejumlah uang," isi pernyataan tersebut.

Shin Bet mengatakan bahwa ini hanya satu contoh "di antara banyak insiden-insiden lain yang diidentifikasikan oleh layanan-layanan keamanan."

"Itu dimulai dari kontak yang konkret dan langsung kepada warga Israel, dengan penekanan-penekanan pada jaringan-jaringan sosial, yang menawarkan mereka untuk bergabung dalam aktifitas terror atau untuk mendapati informasi rahasia berharga yang ditukarkan dengan uang," ujarnya.

Shin Bet mengatakan bahwa kelompok-kelompok terror menggabungkan Facebook dan jaringan-jaringan lainnya "untuk hal-hal bisnis atau pribadi seperti nama-nama, alamat-alamat, alamat Internet dan nomor-nomor telepon yang digunakan untuk mencari dan menghubungi warga-warga Israel di Israel dan juga luar Negeri."

Dengan teknologi informasi di masa sekarang memang bagaikan pedang bermata dua. Dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari titik kelemahan. Tergantung siapa yang menggunakannya.


Sumber : cnn.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami