Tips Hidup Sederhana

Tips Hidup Sederhana

Budhi Marpaung Official Writer
2809

Kata "kesederhanaan" lebih sering dikonotasikan negatif bagi kebanyakan orang sekarang ini daripada hemat atau kikir. Ada perbedaan yang tipis antara hidup menabung (berhemat) dengan hidup terlalu sederhana yang akhirnya membuat penggunaan kedua kata ini menjadi aneh dan konyol. Dari sinilah, kata "kesederhanaan" dikonotasikan negatif.

Namun, jika Anda dipandu dengan prinsip dan alasan yang benar mengapa memilih sebuah hidup yang sederhana, Anda tidak akan pernah menjadi salah.

Jika Anda memutuskan diri untuk hidup sederhana, jangan menjadi khawatir dengan ucapan-ucapan berupa ejekan karena gaya hidup yang Anda terapkan. Tetap tegakkan kepala Anda dan fokuslah dengan menggunakan tips-tips berikut ini

1. Makan di Luar. Menyediakan waktu berkumpul dengan teman-teman Anda dengan cara makan bareng tidaklah salah, namun yang perlu diatur disini adalah waktu

2. Pakaian. Belilah pakaian yang sesuai dengan kepribadian dan yang paling penting cocok bila dipadankan dengan pakaian yang lainnya. Jangan hanya karena pakaian bermerek, Anda lalu membelinya yang belum tentu pakaian itu cocok Anda gunakan atau paling tidak dengan pakaian yang lainnya.

3. Milikilah Rumah Sendiri. Jika Anda hendak menginginkan memiliki sebuah rumah, pikirkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Rumah dengan desain yang minimalis dan ukuran yang tidak terlalu besar sepertinya cocok dengan kehidupan Anda saat ini.   

4. Belilah Kendaraan Anda Sendiri. Dengan Anda memiliki kendaraan sendiri, pengeluaran Anda menjadi terminimalisir. Untuk pemilihan kendaraan, belilah kendaraan yang sesuai dengan uang yang Anda miliki dan tentunya kantong Anda. Sebisa mungkin, kendaraan yang Anda miliki adalah kendaraan yang Anda beli dengan tunai.   

5. Belanja Bahan Makanan. Sebisa mungkin jangan membeli barang-barang yang bermerek (branded). Pilihlah barang-barang yang tidak bermerek, namun memiliki kualitas yang bagus.

6. Jalan Bersama Keluarga. Acara keluarga janganlah menjadi ‘mimpi buruk' keuangan. Pilihlah kegiatan-kegiatan kebersamaan dengan keluarga yang tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya, seperti ke perpustakaan nasional, museum, atau acara piknik di lapangan terbuka (bukit perkemahan). 

7. Membeli Perlengkapan Sekolah. Belilah perlengkapan sekolah bagi anak Anda dan jangan dahulu membeli perhiasan.

8. Bersyukurlah Dengan Apa yang Ada Pada Anda dan Cobalah Untuk Hidup Dengan Gaji yang Anda Miliki. Mengucap syukur dengan apa yang Anda miliki dapat meredam keinginan Anda yang besar untuk memperoleh barang-barang yang lainnya. Hidup dengan gaji yang Anda miliki dapat menyadarkan Anda atau paling tidak membuat Anda "tetap berpijak di bumi" sehingga pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dapat Anda kesampingkan.

9. Rencanakan Pendidikan Anak Anda. Ajari mereka untuk menjadi mandiri dan berusaha sendiri dengan menyemangati mereka untuk mengajukan beasiswa dan mendapat pekerjaan

10. Sadarlah Dengan Batas Keuangan yang Anda Miliki.   

11. Perkirakan Kesalahan Anda dengan Melakukan Perencanaan. Selalu miliki perencanaan keuangan sampai Anda dapat terhidar dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan saat ini

Semoga dengan Anda menerapkan tips-tips diatas, Anda tidak menjadi ragu untuk hidup dalam kesederhanaan. Tidak ada yang salah dengan menjadi orang yang hidupnya sederhana, bukan??

Sumber : makingmoneytips.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami