Anak Perempuan Banyak Lahir di Daerah Tropis

Info Sehat / 26 April 2009

Kalangan Sendiri

Anak Perempuan Banyak Lahir di Daerah Tropis

Lestari99 Official Writer
6271

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di daerah tropis memiliki anak perempuan lebih banyak dibandingkan di daerah lain. Ini mungkin disebabkan karena udara yang lebih panas atau hari yang lebih panjang. Demikian kesimpulan peneliti Amerika Serikat Dr Kristen Navara dalam terbitan jurnal Royal Society Biology Letters.

Dia mengatakan iklim mungkin menjadi faktor yang berkaitan dengan tingkat keguguran dan kualitas sperma. Atau juga mungkin ada keuntungan evolusi memiliki lebih banyak anak perempuan dibandingkan laki-laki bila tinggal di dekat garis katulistiwa.

Para ahli sudah lama mengetahui bahwa tingkat kelahiran bayi perempuan dan laki-laki berbeda di seluruh dunia. Walau ada kecenderungan tertentu dalam masyarakat seperti di Cina dimana anak laki-laki lebih disukai sehingga janin perempuan sering digugurkan - secara alamiah proses kelahiran juga terjadi.

Riset menunjukkan bahwa janin perempuan lebih kuat dibandingkan janin laki-laki sehingga lebih mampu bertahan dalam kandungan, menghadapi berbagai lingkungan yang berbeda. Dalam situasi lingkungan yang ekstrim seperti perang, tingkat kelahiran bayi perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Variasi yang Luas

Para ahli sudah lama memperkirakan bahwa daerah dimana kita tinggal juga mempengaruhi tingkat kelahiran. Menurut penelitian sebelumnya, semakin kita tinggal ke arah selatan, semakin banyak bayi laki-laki yang dilahirkan, paling tidak hal tersebut terjadi di Eropa. Namun susah untuk menyimpulkan bahwa pengaruh kawasan menjadi satu-satunya faktor, karena adanya variasi yang luas seperti kebudayaan, masyarakat, ekonomi, dan yang lain.

Dr Navara dari University of Georgia, melakukan penelitian dengan melihat rasio jenis kelamin dari 202 negara dalam masa 10 tahun terakhir, dengan juga mempertimbangkan perbedaan sosio-ekonomi antar negara dan benua. Secara rata-rata tingkat kelahiran dunia masih lebih banyak anak laki-laki, 106 laki-laki berbanding 100 perempuan atau 51.5 persen.

"Satu-satunya negara di dunia dimana tingkat kelahiran perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki adalah Republik Afrika Tengah," kata Navara kepada BBC.

Dalam penelitiannya, Dr Navara menemukan bahwa negara yang semakin dekat ke garis katulistiwa, menghasilkan anak laki-laki lebih sedikit dibandingkan negara sub tropis, dan yang lebih dingin, masing-masing 51.1% dan 51.3%.

Jika penelitian ini benar-benar menjadi dasar kelahiran, sepertinya banyak calon orangtua yang akan memilih kawasan tempat mereka tingga agar mendapatkan seorang anak dengan jenis kelamin yang mereka inginkan.

Sumber : bbcindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami