Berjalan Sedikit Saja, Hidup Dapat Menjadi Lebih Lama

Fit & Charming / 7 April 2009

Kalangan Sendiri

Berjalan Sedikit Saja, Hidup Dapat Menjadi Lebih Lama

Tammy Official Writer
6970
BerjalanBagaimana jika ada sesuatu yang sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari yang bisa membakar kalori Anda, baik untuk kesehatan jantung Anda, dan dapat membuat Anda awet muda. Anda akan melakukannya, bukan? Maka, itulah yang para periset dan dokter gaungkan mengenai berjalan, terutama sehubungan dengan riset terbaru yang memuji kebaikannya dari yang dapat memotong resiko kanker payudara hingga menolong Anda tidur.

Berjalan tidak hanya sebuah aktifitas kecil untuk yang bukan atlet, ujar Michelle Look, MD, konsultan medis bagi Breast Cancer 3-Day Walk dan seorang ahli medis yang ahli dalam obat-obatan atlet di San Diego: "Itu sangatlah baik bagi siapa saja, dan keuntungan-keuntungan kesehatannya khususnya signifikan bagi wanita." Berikut, delapan alasan untuk mulai berjalan - atau agar lebih sering untuk berjalan.

1. Baik untuk jantung
BerjalanDalam studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Duke University Medical Center, para perisetnya menemukan bahwa dengan berjalan setiap hari selama 30 menit menurunkan potensi Anda dalam perkembangan sindrom metabolisme, diabetes, dan stroke. Tidak memiliki waktu untuk berjalan setengah jam setiap harinya? Cobalah multitasking: sebuah studi dari Inggris menemukan bahwa perjalanan aktif Anda seperti ke kantor jika digabungkan dengan berjalan dan bersepeda dapat mengurangi 11 persen dari resiko penyakit jantung, terutama di kalangan wanita.

2. Mengurangi resiko kanker payudara
Berjalan, meskipun hanya beberapa jam dalam seminggu, secara signifikan dapat mengurangi resiko kanker payudara, menurut studi yang dipublikasikan dari Journal of the American Medical Association. Dimulai dari berjalan menolong mengurangi tingkat dari lemak tubuh, sumber dari estrogen. Riset dilihat dari 74.000 wanita pasca menopause antara usia 50 dan 79. Yang pada berat normal menurunkan resiko mereka hingga 30 persen; mereka yang kelebihan berat badan, sekitar 10 hingga 20 persen. Wanita yang lebih muda juga mendapat keuntungan-keuntungan yang sama.

3. Menolong Anda untuk tidur dengan nyaman
Berjalan pada sore hari akan menolong Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik, menurut National Sleep Foundation. Para ahli mengatakan bahwa berjalan dapat meningkatkan level hormon serotonin yang memberi rasa nyaman, yang dapat menenangkan Anda. Atau, naiknya suhu tubuh dengan berjalan dapat membawa sinyal pada otak untuk menurunkan suhu Anda selanjutnya, yang membawa Anda untuk tertidur pulas.

4. Mengurangi rasa luka dan sakit
Sembilan tahun lali, seorang pelari ultra-marathon, Danny Dreyer menciptakan ChiWalking. Menurutnya memang seperti berjalan biasa saja, tetapi karena Anda melakukannya dengan sadar begitu relaks, meningkatkan bentuk tubuh Anda, dan juga melibatkan gerakan-gerakan lengan, menjadikan sedikit stress pada lengan Anda selagi berjalan. Itu berarti sedikit rasa sakit.

5. Membuat Anda senang
Berjalan dapat melepaskan depresi, kegelisahan, dan stress. Hanya satu kali berjalan selama 30 menit bisa membuat Anda merasa lebih baik ketika Anda sedang merasa down, begitulah hasil temuan periset dari Universitas Texas. Satu penjelasan memungkinkan: Berjalan menolong tubuh memproduksi endorphin, zat tubuh pembangkit mood.

Berjalan6. Menolong Anda langsing
Berjalan selama 30 menit sehari bisa mempertahankan berat tubuh bagi kebanyakan orang yang secara fisik tidak aktif, menurut studi Duke yang lain.

7. Mengurangi penyakit masa tua
Beberapa studi pada orang-tua menyarankan bahwa berjalan - bahkan sedikit saja seperti sebanyak 45 menit dalam seminggu - menolong terhindar dari penyakit Alzheimer. Berjalan biasa dalam sehari-hari juga membentuk mental pada yang lebih tua. Tetapi tak peduli apa umur Anda, berjalan dapat menolong Anda agar pikiran Anda tetap aktif, ujar Dr. Benjamin - khususnya jika berjalan bersama teman-teman Anda; berjalan selagi berbicara dapat mengajak otak lebih aktif lagi.

8. Melindungi tulang-tulang Anda
Dengan berjalan 30 menit tiga kali seminggu ajaibnya dapat merawat tulang-tulang Anda. Latihan jenis ini, dimana menggunakan 95 persen dari otot-otot Anda, sebenarnya mendorong tulang-tulang Anda agar lebih kuat hingga mereka bisa menangani beban. Berjalan, tidak hanya untuk kardio Anda.

Sumber : health.com
Halaman :
1

Ikuti Kami