Ban Ki Moon Menyambut Baik Hasil Pertemuan G20

Nasional / 5 April 2009

Kalangan Sendiri

Ban Ki Moon Menyambut Baik Hasil Pertemuan G20

Budhi Marpaung Official Writer
3482

Para petinggi negara tersebut berikrar akan menyediakan 1,1 triliun dollar AS sumber pendanaan baru untuk lembaga keuangan multilateral, terutama guna membantu negara miskin. Ikrar ini diserukan pada kamis lalu (2/4) di London ketika terjadi pertemuan puncak (KTT) G20 yang dihadiri oleh kepala negara dan pemerintahan.

Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki Moon menyambut baik tindakan yang diambil oleh para petinggi negara tersebut.

"Saya sangat senang bahwa para pemimpin G20 telah berkomitmen untuk paket 1,1 triliun dolar AS," kata Sekjen PBB pada penutupan KTT yang ia hadiri.

Menurut Ban, komitmen yang dibuat oleh para petinggi yang hadir di KTT G20 ini akan sangat membantu dalam pengentasan kemiskinan seperti yang tertera dalam "Tujuan Pembangunan Milenium".

"Maksudnya, mereka menjanjikan setidaknya 300 miliar dolar AS selama dua tahun ke depan yang bagi negara-negara miskin adalah hal krusial. Dunia akan mengawasinya," tambahnya.

Adapun kepala negara dan pemerintahan yang menghadiri KTT G20 di London ini adalah Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, dan Uni Eropa.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami