9 Rahasia Untuk Jantung Yang Lebih Sehat

Fit & Charming / 4 April 2009

Kalangan Sendiri

9 Rahasia Untuk Jantung Yang Lebih Sehat

Tammy Official Writer
7350
\"Jantung"Masalah penyakit jantung? Saya?" Jika itu adalah reaksi Anda ketika Anda mendengar pesan-pesan mengenai jantung yang sehat, ini adalah sebuah panggilan membangunkan: Faktanya, penyakit jantung membunuh lebih banyak wanita dibandingkan kanker. Dan juga benar bahwa mencegah penyakit-penyakit jantung juga menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah trik-trik terbaru - yang didukung riset yang solid - untuk menjaga jantung Anda.

1. Minumlah susu
Sebuah studi terbaru yang disponsori oleh National Heart, Lung, and Body Institute menemukan bahwa, di antara orang-orang yang tidak memakan lemak jenuh, yang mengkonsumsi susu, yogurt, atau keju lebih dari tiga kali dalam sehari memiliki tekanan darah empat kali lebih rendah dari orang yang memakan setengahnya dalam sehari. Tekanan darah tinggi dapat membahayakan arteri-arteri Anda, meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Para periset mengatakan makanan sehari-hari rendah lemak adalah pilihan yang cerdas, karena berarti rendah lemak tak jenuhnya.

2. Cobalah gerakan-gerakan baru
Praktikkanlah gerakan-gerakan berolahraga yang melibat gerakan yang lembut dan juga menenangkan - yang juga dapat merendahkan tekanan darah Anda.

3. Pergilah memancing
Seberapa cepat detakan jantung Anda ketika beristirahat bisa menjadi indikasi dari resiko serangan jantung. Faktanya, tingkat kecepatan jantung yang sedang beristirahat tinggi telah terhubungkan dengan meningkatnya resiko kematian tiba-tiba. Kabar baiknya adalah memakan ikan bisa menurunkan tingkat kecepatan hati Anda.

4. Buatlah jus!
Jus buah delima tampaknya dapat terikat pada arteri-arteri - dan bahkan membaliknya. Dalam studi terbaru dari Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa jus merah delima dapat mengurangi tingkat kolesterol yang menempel pada tikus sebanyak 30 persen. Dan sel-sel jantung yang mendapat perawatan jantung menunjukkan 50 persen meningkat dalam produksi asam oksida, sebuah zat yang menolong melawan kolesterol yang melekat.

\"Soy5. Tetesan Kecap
Sedikit tetesan saus kecap yang gelap dari makanan sehari-hari pada bumbu cair, celupan saus, salad, atau sup dan rebusan bisa menolong melawan bahaya sakit jantung dikarenakan merokok, obesitas, atau diabetes, menurut riset dari National University of Singapore. Saus 10 kali lipat memiliki antioksidan dari wine, dimana juga berarti sehat bagi jantung (dengan tidak berlebihan). Tetapi perhatikanlah: Saus kecap sering mengandung banyak garam, dimana bisa menaikkan tekanan darah. Lihatlah label untuk mendapatkan yang rendah garam.

6. Tertawalah
Sesuatu untuk tulang Anda: Orang yang menonton film-film komedi seperti There's Something About Mary memiliki aliran darah lebih baik, bandingkan dengan mereka yang menonton drama-drama seperti Saving Private Ryan. Tidak memiliki waktu cukup untuk film-film atau sitcom-sitkom? Dapatkan tawa terkikih Anda kapanpun di sesi komedi YouTube.

7. Jangan berhemat untuk tidur
Wanita yang tidur kurang dari lima jam setiap malamnya memiliki 30 persen lebih tinggi terkena resiko penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidur delapan jam, menurut sebuah studi dari Brigham and Women's Hospital di Boston. Terlalu sedikit tidur dapat merusak hormon, gula darah, dan tekanan darah. Maka setelah mendapatkan 15 menit untuk tertawa, matikanlah komputer Anda dan tidur.

8. Tariklah nafas dalam-dalam
Anda bisa menurunkan tekanan darah Anda dengan mengambil 10 kali tarikan nafas per menit (bukannya seperti umumnya yang 16 hingga 19 kali) untuk 15 menit sehari sepanjang dua bulan, petunjuk studi. Periset David Anderson, PhD, seorang ahli hipertensi pada National Institute on Aging, mengatakan bernafas dengan dangkal (lebih banyak tarikan per menitnya) dapat melambatkan ekskresi tubuh Anda dari garam, memicu tekanan darah tinggi.

9. Rasakan beat-nya
Sebuah kelompok periset dari Universitas Oxford menemukan bahwa ritme musik yang lambat dan menenangkan dapat membawa menurunnya kesehatan pada jantung, dimana ritme lebih cepat memicu pernafasan dan sirkulasi. Memiliki musik dance pada iPod Anda? Cobalah campurkan dengan musik jazz yang lembut juga.

Sumber : health.com
Halaman :
1

Ikuti Kami