Menjadi Sukarelawan
Sumber: OBI - CBN

Career / 31 March 2009

Kalangan Sendiri

Menjadi Sukarelawan

agnes.faith Official Writer
3122

Bila Anda mengalami masalah dengan pekerjaan Anda lalu Anda harus kehilangannya, Anda tidak perlu kecil hati dan keluar dari masyarakat. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menjadi sukarelawan. Hal ini dapat membuat Anda tetap berhubungan dengan dunia luar dan masyarakat.

Keluar dari pekerjaan bukan berarti keluar dari lingkungan. Pengalaman yang akan Anda alami dalam pekerjaan ini mungkin tidak seperti saat Anda menjadi pegawai atau pekerja di kantor. Setiap hari Anda berhadapan dengan computer, tetapi saat ini Anda harus berhadapan dengan orang-orang dan lebih banyak bergerak. Pada awalnya mungkin Anda akan merasa kelelahan dan frustrasi karena sepertinya tidak ada kesempatan Anda untuk berkarir.

Anda dapat menggunakan keahlian professional Anda untuk belajar tentang kesehatan dan membangun networking dengan orang banyak. Wadah yang dapat Anda datangi juga banyak. Misalnya kegiatan sosial, posko bencana alam bahkan menjadi sukarelawan di lembaga-lembaga yang membutuhkan (panti asuhan, dll). Anda dapat belajar bayak hal disini. Misalnya belajr bernegosiasi, menjalin hubungan dengan orang penting, menjadi pengaruh untuk orang lain, dll.

Hal ini dapat membuat Anda tetap menjadi professional. Contohnya tim sukarelawan medis untuk bencana alam. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dunia kerja antara lain karyawan, pelajar, penjual, LSM, supir, pencinta alam, tim penyelamat dan lainnya, misalnya memberikan bantuan medis di wilayah pasca bencana. Mereka mendukung satu sama lain dengan membagi tugas berdasarkan pada kemampuan masing-masing seperti memasak, mengevakuasi mayat, mengemudi, penterjemah bagi sukarelawan asing, dll. Memiliki sukarelawan di kegiatan-kegiatan seperti ini jelas merupakan sebuah bantuan besar  agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk korban bencana. Selama menjadi sukarelawan, mereka tinggal di perkemahan, dan berinteraksi dengan pasien-pasien yang berasal dari masyarakat sekitar.

Hal tersebut akan memberikan dukungan proses adaptasi menjadi lebih cepat. Hal tersebut juga akan memberikan mereka sudut pandang yang berbeda tentang cara berpikir, cara berkomunikasi, cara bekerja, kebiasaan dan struktur sosial penduduk setempat.

Sumber : berbagai sumber/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami