Tidak Punya Uang, Seluruh Partai Tidak Kampanye

Nasional / 21 March 2009

Kalangan Sendiri

Tidak Punya Uang, Seluruh Partai Tidak Kampanye

Budhi Marpaung Official Writer
3540

Kampanya terbuka yang seharusnya sudah bisa dilakukan kamis (19/3) oleh partai-partai peserta pemilu di Batam tidak terlihat sama sekali. Kejadian ini disebabkan oleh tidak adanya dana untuk melaksanakan kampanye terbuka.   

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Batam sebenarnya telah mengeluarkan jadwal bagi partai-partai peserta pemilu dari jauh-jauh hari, tetapi karena alasan masalah internal Partai maka pihak KPUD tidak dapat membantu dalam masalah ini.

Partai-partai yang sudah dipastikan tidak akan melaksanakan kampanye terbuka sampai akhir jadwal tahap I yang dikeluarkan KPUD Batam diantaranya adalah Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI). Hal ini diketahui setelah keempat pimpinan Dewan Pimpinan Cabang dan Daerah (DPC dan DPD) masing-masing partai tersebut dikonfirmasi oleh para jurnalis cetak dan elektronik kota Batam.

Ketua DPC PKDI Batam, Fransiscus Simbolon mengatakan bahwa kampanye terbuka membutuhkan dana yang besar, oleh karena itu partainya memutuskan absen berkampanye terbuka.

"Pengerahan massa butuh dana, kami belum mampu untuk itu," kata dia.

Bahkan, Simbolon mengatakan kemungkinan partainya tidak berkampanye terbuka pada tahap II, karena tidak memiliki dana. "Kecuali pusat mau menggulirkan dana."

Senada dengan pernyataan Franciscus, Sekretaris DPD PPI Batam, Akhirrudin, mengatakan bahwa mereka tidak memiliki dana untuk melakukan kampanya terbuka, walaupun dari segi penggalangan
massa, mereka tidak kalah dengan partai-partai lama maupun baru sekalipun yang memiliki dana yang besar.

PBB Batam yang diwakili oleh Sekretaris DPD, Akhirman, mengatakan bahwa kendala utama pelaksanaan kampanye terbuka adalah dana dan ini membuat sosialisasi lebih efektif ketimbang kampanye terbuka.

Sementara itu, PKB dan yang diwakili oleh Sekretaris DPC, M.Agil Misbah,  mengatakan, PKB Batam sendiri hanya tidak mengikuti jadwal kampanye terbuka tahap I, sedangkan untuk tahap II, mereka akan mengikutinya.  

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami