Orang Kaya Sejagat Kembali Direbut Bill Gates

Nasional / 13 March 2009

Kalangan Sendiri

Orang Kaya Sejagat Kembali Direbut Bill Gates

Lestari99 Official Writer
4104

Tahun 2008 merupakan tahun yang sangat berat, bahkan bagi para milyuner dunia. Kekayaan mereka bahkan telah merosot miliaran dollar AS, akibat tsunami ekonomi yang mengguncang dunia.

Daftar orang kaya Forbes mencatat, tahun lalu terdapat 1.125 milyuner, namun tahun ini berkurang 30 persen menjadi hanya 793 orang kaya saja yang masuk daftar terkaya majalah tersebut.

Dari 1.125 milyuner tersebut, terdapat 373 orang terlempar dari daftar akibat 355 orang kekayaannya melorot dan 18 orang meninggal, serta terdapat 38 orang pendatang baru yang masuk daftar plus tiga milyuner yang kembali mendapatkan kekayaannnya lagi. Hal ini merupakan yang pertama kali sejak tahun 2003, di mana dunia kehilangan para milyuner.

Kekayaan para milyuner ini juga merosot hingga 2 triliun dollar AS dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini kekayaan mereka "hanya" senilai 2,4 triliun. Rata-rata kekayaan bersih mereka turun 23 persen.

Pendiri Microsoft Inc, Bill Gates kehilangan 18 miliar dollar AS namun kembali meraih titel orang terkaya sejagad. Sementara pemuncak tahun lalu, Warren Buffett, turun ke posisi kedua, setelah hartanya turun 25 miliar dollar AS saat saham Berkshire Hathaway (BRK) melorot 50 persen dalam 12 bulan. Sementara orang kedua tahun lalu, Konglomerat Telekomunikasi Meksiko Carlos Slim Helú yang kehilangan 25 miliar dollar AS jatuh ke urutan ke 3.

Milyuner yang paling banyak kehilangan hartanya tahun ini adalah Anil Ambani. Milyuner asal India ini kehilangan 32 miliar dollar AS atau 76 persen kekayaannya, saat saham perusahaannya, Reliance Communications, Reliance Power dan Reliance Capital kolaps.

Seperti kebenaran hakiki yang diajarkan Kristus kepada kita, kekayaan bukanlah segala-galanya. Kekayaan segunung pun bisa runtuh saat tsunami ekonomi melanda. Jadi, ingatlah selalu, kumpulkanlah bagimu harta di sorga. Di sana, ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami