Membuat Anak Gemar Membaca

Parenting / 7 March 2009

Kalangan Sendiri

Membuat Anak Gemar Membaca

agnes.faith Official Writer
3053

Orangtua ingin anak untuk dapat cepat membaca. Pada dasarnya otak mereka siap untuk dapat membaca pada usia 5 tahun. Jadikan waktu membaca Anda menjadi waktu yang menyenangkan lewati setiap tahapnya.

Bayi

Membacalah buku untuk bayi Anda. Walaupun mereka tidak mengerti bahasa Anda tetap lah membacakan cerita untuk mereka. Ini adalah awal yang baik untuk memulai. Sediakan waktu 10 sampai 15 menit, 2 sampai 3 kali seminggu. Sediakan buku-buku yang berisi gambar sehingga mereka dapat melatih untuk membolak-balik halaman.

Sediakan buku dimana-mana. Misalnya di mobil, di tas Anda, dll. Bereaksilah terhadap cerita yang And abaca. Berikan gambaran-gambaran yang mirip dengan lingkungan bayi Anda. Ikuti fase yang bayi Anda lakukan. Misalnya mungkin mereka akan membolak-balikkan halaman atau ingin menikmati gambar-gambar di dalam buku.

Pra sekolah

Ajarkan anak membaca dari kiri ke kanan. Tanyakan pendapat anak Anda tentang cerita tersebut dan bagaimana kira-kira kelanjutannya. Jangan pernah bosan untuk membacakan cerita pada anak. Hal ini bagus untuk perkembangannya.  Berikan tantangan pada anak pada saat membaca, dengan cara meminta anak untuk menunjuk huruf yang Anda sebutkan. Ajari juga mengenai tanda-tanda seperti tanda stop, dll. Coba juga ajak anak untuk mengingat cerita favoritnya dan ceritakan kembali pada Anda.

Taman Kanak-Kanak

Pada tahap ini, anak sudah sering mengucapkan kata dan membaca buku-buku dan cerita pendek disertai gambar. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih mudah untuk mengajarkan anak. Pilihlah buku yang berisi tentang cara pengucapan dan kata-katanya. Pilih juga buku yang anak sukai, misalnya tentang tokoh idolanya, olahraga, peliharaan, dll.

Terus dorong dan dukung anak untuk tetap membaca dengan suara keras. Hal ini dapat membuat anak familiar dengan kata-kata. Hindari interupsi pada saat ia sedang membaca dan salah mengucapkan kata. Tunggu sampai ia selesai membaca dan koreksi dengan halus. Tetap membacakan buku untuk anak walaupun anak sudah dapat membaca.

Sumber : parenting.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami