China, Produk Makanan Kami Aman

Nasional / 3 March 2009

Kalangan Sendiri

China, Produk Makanan Kami Aman

Puji Astuti Official Writer
3762

China mengumumkan bahwa produk pertaniannya secara umum sudah aman untuk dikonsumsi. Pemerintah China terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan standar mutu hasil produknya mengingat insiden susu bermelamin.

"Secara umum produk pertanian di China aman dikonsumsi dan dapat dipercaya. Kita terus melakukan pemantauan dan pengawasan," hal ini dinyatakan oleh Dirjen Pusat Kualitas dan Keamanan Makanan Kementerian Pertanian China, Ma Aiguo, Senin (2/3).

Dalam pernyataan yang berbeda, Wakil Menteri Kesehatan China, Chen Xiaohong berkata," Saat ini situasi keselamatan makanan di China masih rentan, dengan risiko tinggi dan memunculkan pertentangan. Namun, kami harus membuat sejumlah langkah intensif untuk memecahkan isu penting serta rumitnya masalah"

China sepertinya mengerahkan segala upaya mereka untuk memperbaiki citra produk-produk mereka, terutama yang berkaitan dengan keselamatan makanan.  Hal ini dapat dilihat dengan upaya badan legislatif mereka untuk merumuskan UU Keselamatan Makanan. Undang-undang tersebut akan mulai berlaku pada 1 Juni 2009 nanti.

Hingga kini sekitar 105.000 jenis sayur, 54.000 produk hewan dan 20.000 produk perikanan telah diperiksa oleh Kementerian Pertanian China. Bagaimana dengan badan POM Indonesia ya, apa mereka juga berupaya seperti China?

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami