Gaji PNS Naik, DPR dan Menteri Gigit Jari!

Nasional / 13 February 2009

Kalangan Sendiri

Gaji PNS Naik, DPR dan Menteri Gigit Jari!

Lestari99 Official Writer
3855

Tampaknya Pegawai Negeri Sipil akan segera bernafas lega. Menghadapi dampak krisis ekonomi global, pemerintah berencana menaikkan gaji PNS dan TNI tahun 2009. Namun, kenaikan gaji ini tidak berlaku untuk anggota DPR, menteri, dan pensiunan DPR.

"Tahun 2009 ini ada kenaikan gaji, tapi DPR, pensiunan DPR, dan menteri tidak naik," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Rapat Kerja dengan Panitia Anggaran DPR, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/2).

Selain itu, sejumlah profesi juga akan mengalami kenaikan gaji, seperti Polri, guru, dosen, pensiunan, dan tunjangan veteran. Menurut Menkeu, menghadapi krisis, pemerintah perlu menjaga konsumsi masyarakat dengan meningkatkan daya beli termasuk melakukan kenaikan gaji. Di samping itu, dilakukan pula penurunan tarif pajak orang pribadi, kenaikan penghasilan tidak kena pajak, dan peningkatan alokasi belanja sosial dan subsidi langsung.

Sementara itu, untuk menangani dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akan dilakukan melalui peningkatan belanja, infrastruktur, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dan Balai Latihan Kerja.

Semoga saja langkah yang diambil pemerintah ini menjadi jalan yang efektif bagi kesejahteraan rakyat secara keseluruhan, terutama nasib para pegawai di daerah terpencil yang jauh dari fasilitas yang memadai.

Sumber : kompas / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami