Yayasan Kristen Kirim Dua Perawat ke Gaza

Nasional / 29 January 2009

Kalangan Sendiri

Yayasan Kristen Kirim Dua Perawat ke Gaza

Puji Astuti Official Writer
4628

Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum) Emergency Unit atau YEU akan mengirimkan dua perawatnya ke Jalur Gaza sebagai wujud solidaritas kemanusiaan.

Direktur  YEU, Arsinta di Yogyakarta, Rabu, mengatakan, kedua perawat itu --Herry Widiarso dan Bambang Kamiwarno-- berangkat ke Gaza atas kerjasama YEU, Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta dan RS Panti Waluyo Solo.

Kedua perawat ini akan bergabung dengan tiga dokter dan dua perawat Muhammadiyah yang tergabung dalam Tim Medis Gabungan Antariman dari "Humanitarian Forum Indonesia (HFI) yang sudah mendapat restu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Departemen Kesehatan (Depkes).

Menurut Arsinta, tim medis ini akan berangkat pada 29 Januari menuju Yordania kemudian bergabung dan bekerja sama dengan Palang Merah Palestina, Yordania dan negara lain yang sudah berada di negara tersebut.

"Tugas mereka direncanakan berlangsung selama dua minggu dan dimungkinkan diperpanjang jika dibutuhkan," katanya.

Tujuan dari misi medis bersama lintas agama itu antara lain mewujudkan aksi solidaritas kemanusiaan untuk korban bencana konflik serta menjawab permintaan kebutuhan tenaga medis karena keterbatasan tenaga.

"Selain itu penjajakan kebutuhan kesehatan lebih lanjut seta menjadi tim awal pendirian rumah sakit lapangan yang direncanakan Pemerintah Indonesia di Jalur
Gaza," katanya.

Ia menambahkan, selain didasari pada dukungan terhadap sikap dan kebijakan Pemerintah
Indonesia, keputusan Yakkum itu juga sejalan dengan seruan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pada 6 Januari 2009.

PGI mengimbau semua elemen masyarakat termasuk gereja berpartisipasi mewujudkan usaha damai dan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Jalur
Gaza.

Sementara itu, perawat Herry Widiarso mengatakan, niat untuk berangkat itu didasari rasa kemanusiaan dan ingin menyumbangkan tenaga untuk kemanusiaan di Palestina.

"Saya mantap untuk berangkat, dan ini didasari niat baik sehingga diharapkan tidak akan terjadi apa-apa karena Tuhan akan selalu melindungi," katanya.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami