Kembang Api Nan Meriah Di Taipei 101

Nasional / 1 January 2009

Kalangan Sendiri

Kembang Api Nan Meriah Di Taipei 101

Tammy Official Writer
5283
Suasana di kota Taipei saat Desember yang dingin kental dengan nuansa Natal dan Tahun Baru. Kantor dan pertokoan di jalan utama, seperti Jhongsiao (Zhongxiao) Road, dihiasi jajaran pohon natal. Tidak seperti di Indonesia dan beberapa negara lain, Natal di Taiwan bukan hari libur.

Aktivitas warga Taipei saat Natal berjalan seperti hari biasa saja. Tidak beda dengan hari biasa. Tahun Baru juga dirayakan biasa saja jika dibandingkan dengan Tahun Baru Imlek.

Meskipun demikian, malam pergantian tahun 2008 ke 2009 tetap merupakan saat istimewa. Warga kota berpenduduk 2,6 juta jiwa itu akan dihibur pesta kembang api di Gedung Taipei 101. Gedung Taipei 101 yang tingginya 508 meter itu masih tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia. Sebagai pembanding, tinggi Monas sekitar 137 meter, atau seperempatnya saja.

Pesta kembang api di Gedung Taipei 101 masuk agenda pariwisata Taiwan. Kota besar lain di dunia, seperti Paris (Perancis), Berlin (Jerman), dan Sydney (Australia), juga punya kebiasaan menyuguhkan pesta kembang api di penanda kota masing-masing, seperti di Menara Eiffel, Gerbang Brandenburg, atau di Gedung Opera Sydney.

Taipei 101 BuildingWarna-warni kembang api saat detik-detik pergantian tahun 2007 ke 2008 di Gedung Taipei 101 dapat dilihat di situs youtube. Dalam video berdurasi empat menit itu tampak kembang api warna-warni berhamburan dari setiap sisi gedung diiringi suara ledakan. Gedung itu seperti terbakar kembang api.

Saat kunjungan ke Gedung Taipei 101, Rabu (24/12), tiket untuk acara malam pergantian tahun sudah ditawarkan. Harga tiketnya lebih mahal daripada harga tiket reguler yang hanya 400 dollar Taiwan untuk dewasa, yaitu 700-1.350 dollar Taiwan. 1 dollar Taiwan setara dengan Rp 350. Harga tiket termahal diperuntukkan bagi mereka yang ingin melihat matahari terbit pertama kali pada tahun 2009 dari gedung tertinggi itu.

Panitia penyelenggara menjanjikan pesta kembang api lebih spektakuler daripada tahun 2008. Biro pariwisata Taiwan menyebutkan, jumlah kembang api yang akan disulut mencapai 16.000 buah. Tema pesta kembang api tahun ini adalah merah, emas, dan hijau simbol keberuntungan, kekayaan, dan kecintaan terhadap lingkungan.

Mei, seorang warga Taipei, mengatakan, sejak diadakan pesta kembang api di Gedung Taipei 101 lima tahun lalu, gedung itu selalu jadi pusat kerumunan manusia. Tua dan muda akan tumpah ruah memenuhi kawasan sekitar Gedung Taipei 101. Ekonomi bergerak di keramaian itu setiap tahun.

"Ada ratusan ribu orang yang memenuhi lokasi di sekitar Taipei 101. Jalan-jalan menjadi sangat padat. Tetapi, setiap malam Tahun Baru saya lebih suka di rumah," kata Mei, yang kalem.

Ikon baru

Taipei 101 BuildingGedung Taipei 101 berlokasi di Sinyi (Xinyi) Road Sector 5 dan merupakan magnet kota Taipei untuk menarik wisatawan. Tiga lantai khusus dibuka untuk wisatawan, yaitu lantai observasi tertutup di lantai 89, lantai observasi terbuka di lantai 91, dan alat penahan goncangan angin (wind damper) di lantai 88.

Untuk mencapai lantai itu, pengunjung menggunakan lift yang mampu melesat dari lantai 5 ke lantai 89 dalam waktu 37 detik. Rekor lift tercepat di dunia dipegangnya.

Di ketinggian itu, pengunjung dapat melihat gedung-gedung utama di Taipei dan deretan pegunungan di utara, selatan, dan timur.

Di fasilitas baru yang ditambahkan, pengunjung bisa "berjalan di atas awan" karena lantai serta dindingnya memproyeksikan pemandangan di bawah Gedung Taipei 101 lengkap dengan awannya. Memenuhi nafsu belanja, disiapkan lima lantai di ruang dasar bangunan yang menawarkan merek-merek dunia.

Sementara semua penanda kota di dunia berbenah dan berhias menyambut Tahun Baru, Monas sebagai penanda kota Jakarta justru dijauhkan dari rakyatnya yang membayari pembangunan dan pemeliharaannya. Taman rusak dan antisipasi keamanan adalah alasannya.

Di Jakarta, perayaan Tahun Baru 2009 dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami