Obama Akan Ucapkan Sumpah Dengan Alkitab Lincoln

Internasional / 28 December 2008

Kalangan Sendiri

Obama Akan Ucapkan Sumpah Dengan Alkitab Lincoln

Puji Astuti Official Writer
5292
Barack Obama akan diambil sumpahnya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dengan memakai Alkitab yang pernah digunakan Abraham Lincoln ketika menjadi presiden. Demikian diumumkan Komite Perencanaan Inagurasi Presiden, pada Selasa (23/12).

Menurut pihak panitia upacara pelantikan Obama tersebut, kitab suci umat Kristiani yang dipergunakan Lincoln, Presiden AS ke-16 yang dilantik pada 4 Maret 1861, akan dipinjam dari Perpustakaan Kongres. "Presiden terpilih Obama sangat menghargai Perpustakaan Kongres yang bersedia memberikan Alkitab Lincoln untuk dipergunakannya pada pembacaan sumpah," demikian, dikatakan Emmet Beliveau, Ketua Panitia Pelantikan.

Upacara pelantikan Obama akan berlangsung pada 20 Januari dan untuk pertama kalinya Alkitab tersebut dipergunakan, sejak terakhir dipakai Lincoln untuk pembacaan sumpahnya 147 tahun lalu.

"Dipakainya Kitab Suci tersebut melambangkan hubungan yang kuat antara masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Upacara pelantikan juga menandai persatuan Amerika," ungkap Beliveau.


Lincoln berasal dari Illinois, daerah yang diwakili Obama di Kongres AS. Dalam aturan konstitusi, sama sekali tak menyebutkan penggunaan Alkitab untuk upacara pelantikan. Hanya saja, secara tradisi, Presiden AS menggunakan Alkitab untuk upacara pengangkatan sumpahnya.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami