Dokter Keluarkan Kaki Dan Tangan Dari Otak Bayi

Serba-Serbi Sehat / 24 December 2008

Kalangan Sendiri

Dokter Keluarkan Kaki Dan Tangan Dari Otak Bayi

Lestari99 Official Writer
6683

\"\"Seorang dokter di AS berhasil mengeluarkan tumor berupa potongan kaki, tangan dan paha dari otak bayi yang baru berusia tiga hari. Operasi ini dilakukan oleh dokter bedah syaraf anak, Dr Paul Grabb, di Colorado, AS, terhadap Sam Esquivel setelah hasil scan MRI menunjukkan terdapat tumor mikroskopik di dalam otak bayi tersebut.

Penemuan di dalam otak bayi laki-laki yang relatif sehat ini jarang terdengar sebelumnya dan mengingatkan kembali akan mitologi Yunani tentang dewa tertinggi Zeus yang melahirkan putrinya dari keningnya. Dr Grabb yang menjalankan operasi di Memorial Hospital for Children, Colorado Springs, mengaku telah menemukan sebuah potongan kaki yang hampir tumbuh sempurna dengan lima jari bersama dengan satu potongan kaki lain, sebuah tangan dan sebuah paha.

"Seperti mengeluarkan seorang bayi dari dalam otak," kata Grabb. "Penemuan potongan tubuh yang hampir tumbuh sempurna ini cukup unik, aneh dan tak pernah terdengar sebelumnya," ujarnya.

Grabb tak mengetahui secara pasti bagaimana potongan tubuh itu dapat bertumbuh di otak. Namun, dokter bedah syaraf anak ini menyebutkan kemungkinan potongan tubuh tersebut sebagai jenis tumor otak turunan.

\"\""Pertumbuhan tumor itu bisa jadi masuk dalam kasus fetus in fetu atau bayi di dalam bayi, tetapi kasus ini sangat jarang terjadi di dalam otak," kata Grabb. 

Orangtua Sam, Tiffany dan Manuel Esquivel, menjelaskan, putra mereka itu saat ini telah menjalani perawatan di rumah. Selain terapi fisik untuk memulihkan fungsi organ lehernya, Sam masih menjalani pemeriksaan darah bulanan untuk memastikan ada atau tidaknya gejala kanker atau pertumbuhan ulang tumor.

Namun, Tiffany dan Manuel Esquivel menjelaskan, bayi laki-laki mereka itu telah hampir pulih sepenuhnya setelah menjalani operasi pada 3 Oktober. "Anda tak akan tahu kalau ada bekas luka operasi di kepala bayiku itu," ujar Tiffany Esquivel menjelaskan kepulihan putranya.

Sumber : daily mail / kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami