Paus Benediktus, Krisis Dunia Karena Orang Cari Untung

Internasional / 15 December 2008

Kalangan Sendiri

Paus Benediktus, Krisis Dunia Karena Orang Cari Untung

Puji Astuti Official Writer
4095

Paus Benediktus XVI berkata bahwa krisis keuangan global adalah hasil dari usaha sebagaian orang untuk mencari keuntungan dengan cara cepat, hal ini membuat jarak antara si kaya dan si miskin semakin besar yang juga berpengaruh kepada kedamaian dunia.

Pada pesan damai yang rutin disampaikannya kapada para pemimpin dunia, Paus berkata bahwa ‘nurani kemanuasian' kita tidak bisa lagi mengabaikan perbedaan ekonomi.

 

Pada akhir-akhir ini Paus Benediktus sering membahas masalah krisis ekonomi dunia - dan hal ini menjadi poin penting bagi gereja Katholik Roma pada awal tahun 2009 nanti.

 

Beberapa hal yang menjadi fokus berhatian dari Paus Benediktus adalah berikut ini:

 

Pertama, Paus menolak ide bahwa tingginya tingkat kelahiran memicu kemiskinan, hal ini menunjuk kepada negara-negara berkembang, yang tingkat kelahiranya lebih tinggi tetapi memiliki banyak kesempatan juga untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Dengan hal ini gereja menolak sistem pengendalian kelahiran dan aborsi.

 

Kedua, Paus menganggap bawah krisis makanan yang saat ini terjadi lebih banyak disebabkan oleh para spekulan yang mencoba mencari keuntungan.

 

Ketiga, Negara-negara yang menggantungkan diri kepada komoditas ekspor, seperti di Afrika, harus lebih banyak di beri kesempatan yang sama untuk dapat masuk di perdagangan dunia.

 

Paus Benediktus berkata bahwa pengajaran sosial oleh paus yang berpandangan moderen akan selalu terfokus pada kemiskinan dan pertanyaan sosial yang saat ini sedang menjadi isu internasional dan global.

 

Gereja memang tidak bisa lagi hidup dalam dunianya sendiri dan mengabaikan keadaan yang ada disekelilingnya. Sudah saatnya gereja menjadi sebuah jawaban bagi dunia dalam masa-masa krisis yang melanda dunia.

Sumber : Christian Post/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami