Yunani Rusuh Karena Polisi Bunuh Seorang Remaja

Nasional / 11 December 2008

Kalangan Sendiri

Yunani Rusuh Karena Polisi Bunuh Seorang Remaja

Puji Astuti Official Writer
3390

Aparat keamanan di Yunani bersiaga menjelang pemakaman remaja korban ditembak polisi dan kematiannya memicu kerusuhan massal di berbagai tempat.

Ratusan gedung dibakar dan belasan orang terluka dalam gelombang kerusuhan yang telah memasuki hari ketiga pasca tewasnya Alexandros Grigoropoulos, 15 tahun.

Puluhan orang ditahan, tapi polisi khawatirkan kerusuhan akan berlanjut ketika pemakaman lelaki belia berlangsung di pinggiran ibukota, Athena.

 

Sekolah-sekolah diliburkan menjelang pemakaman, dan para pemimpin di negara itu mengadakan pertemuan krisis.

 

Sementara itu, pembersihan berlangsung setelah bank, toko dan hotel di Athena menjadi sasaran pembakaran dan pengrusakan.

 

Perdana Menteri Yunani Costas Karamanlis mengadakan pertemuan dengan Presiden Karolos Papoulias dan akan bertemu dengan para pemimpin oposisi dalam upaya mencapai konsensus mengenai langkah yang akan diambil.

 

Setelah pertemuan darurat kabinet hari Senin, Menteri Dalam Negeri Prokopis Pavlopoulos mengatakan, pemerintah tidak akan membiarkan tindakk kekerasan.

 

Namun, seruan agar masyarakat kembali tenang sejauh ini umumnya tidak digubris oleh massa pemuda. Masih belum ada cara yang akan ditempuh pemerintah untuk meredam tindak kekerasan.

 

Perdana Menteri Karamanlis Selasa pagi menyatakan tekad untuk bertindak tegas dalam menangani massa pengunjukrasa.

 

Sebelumnya, dia mengatakan, pemerintahkan berkewajiban untuk melindungi warga masyarakat. Dia juga menyerukan solidaritas untuk keluarga Grigoropoulos.

Sumber : Bbc.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami