Kurang Vitamin E = Sengsara di Masa Tua

Fit & Charming / 29 November 2008

Kalangan Sendiri

Kurang Vitamin E = Sengsara di Masa Tua

Tammy Official Writer
7467

Kurang Vitamin EJika Anda ingin tetap sehat dan aktif saat memasuki usia lanjut, jangan sampai Anda kekurangan vitamin E, demikian anjuran peneliti berdasarkan riset terbarunya.

Kekurangnya vitamin E memang kerap diidentikan dengan buruknya kualitas nutrisi. Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association, rendahnya vitamin E dapat mempengaruhi penurunan kemampuan fisik orang lanjut usia.

Sebelum sampai pada kesimpulan, para ahli menganalisa kualitas nutrisi serta fungsi fisik pada 698 orang berusia 65 tahun ke atas di kota Tuscany, Italia. Mereka melakukan pengujian mengenai hal-hal fisik dasar yang dilanjutkan dengan pemantauan selama tiga tahun dari 1998 hingga 2003.

Kurang Vitamin EDipimpin oleh Benedetta Bartali dari Yale University School of Medicine, para ahli mengukur kadar mikronutrisi dalam darah termasuk vitamin B6, B12, D dan E. Peneliti menemukan bahwa dengan mempertimbangkan berbagai faktor, hanya kadar rendah vitamin E yang secara signifikan berpengaruh pada penurunan kemampuan fisik.

"Meskipun temuan dari studi epidemiologis ini tidak dapat menegaskan adanya kausalitas, para peneliti menghadirkan dasar yang kuat bahwa kadar rendah vitamin E memiliki kontribusi terdahap penurunan fungsi fisik ," ujar peneliti dalam laporannya.

Para partisipan dalam riset ini tercatat tidak mengonsumsi suplemen vitamin, atau pun dianjurkan untuk mengonsumsinya. Peneliti juga mencatat bahwa jumlah kadar vitamin E yang cukup dapat diperoleh dari sejumlah makanan seperti almond, tomat, biji bunga matahari dan jenis makanan lainnya.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami