Buku Palin Siap Raup Rp 80 Miliar

Nasional / 19 November 2008

Kalangan Sendiri

Buku Palin Siap Raup Rp 80 Miliar

Tammy Official Writer
3741
Sarah Palin memang gagal menjadi wakil presiden AS karena John McCain dikalahkan Barack Obama. Namun, dia tidak gagal dalam urusan popularitas. Gubernur negara bagian Alaska, AS, itu bahkan diyakini akan menjadi "dewi penyelamat" industri penerbitan AS.

Beberapa perusahaan penerbitan memang sedang mengantre tanda tangannya untuk sebuah proyek buku bernilai hingga 7 juta dollar AS (sekitar Rp 80 miliar).

Kampanye pemilihan presiden lalu diyakini bisa menghasilkan ratusan buku jika tulisan para jurnalis dan politisi dikumpulkan. Namun, cerita pribadi Palin mengenai perkenalannya di dunia politik akan menjadi kisah yang paling menarik.

"Sarah (Palin) memberikan sesuatu yang berbeda. Begitu banyak hal yang ingin diketahui di seputar kehidupannya. Jika para penerbit bergerak cepat dan bukunya segera muncul di rak-rak, itu akan berharga lebih dari 7 juta dollar AS," ungkap salah seorang editor perusahaan penerbitan.

Sarah PalinTidak hanya cerita seputar pilpres dan dunia politik yang bisa mendatangkan uang segunung bagi Palin. Foto-foto Palin di pinggir kolam renang yang hanya mengenakan celana pendek dan kaus oblong juga bisa laku.

"Bahkan, foto dia duduk dan kelihatan seperti orang normal juga bisa laku sampai lima digit. Setiap penerbit kini mengejarnya," kata Jeff Klein dari Folio Literary Management.

Juru bicara perusahaan penerbitan Random House menambahkan, beberapa penerbit bernafsu berbicara dengan Palin soal buku itu. "Jelas dia punya pendukung dan kami juga mengerti buku-buku tema politik seperti itu biasanya terjual sangat bagus," tuturnya.

Tudingan bahwa Palin menjadi kambing hitam Partai Republik pada pilpres tidak meredupkan popularitasnya. Jalan yang sedang dilalui Palin ini sepertinya mirip dengan yang dilalui Obama, 2004 silam. Saat itu Obama adalah politisi tidak terkenal Chicago yang pidatonya memesona orang di konvensi Demokrat.

Setelah terpilih jadi anggota senat, waktu itu Obama juga menulis buku yang sangat populer, The Audacity of Hope. Langkah ini sangat tepat karena dijadikan batu loncatan pada Pilpres AS 2008.

Seperti Obama, Palin datang dari kota "antah berantah", Wasilla, Alaska. Dia kemungkinan akan menjadi senator Alaska dan pindah ke Washington jika salah satu kursi di sana kosong, tahun depan.

Uang jutaan dollar dari buku juga menanti Laura Bush, istri Presiden George W Bush. Menjelang akhir masa tugas suaminya, Nyonya Bush mewawancarai beberapa penerbit yang berniat menerbitkan memoarnya.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami