Rekening Bersama Suami Istri

Investment / 11 November 2008

Kalangan Sendiri

Rekening Bersama Suami Istri

Lestari99 Official Writer
2872

Anda dan pasangan berencana membuka rekening bersama? Rekening bersama adalah rekening yang dimiliki atas nama dua orang. Jadi, kedua pemilik sama-sama punya hak untuk menarik uang tersebut. Rekening bersama juga bisa diartikan sebagai rekening yang diatasnamakan hanya pada satu orang, namun bisa diambil untuk keperluan rumah tangga.

Apa saja yang perlu diperhatikan agar kelak rekening bersama ini tidak menjadi pemicu konflik dalam rumah tangga?

Diskusikan dengan pasangan mengenai apa sebenarnya tujuan membuka rekening bersama. Selain itu bicarakan pula mengenai rencana ke depan, jika ternyata Anda berdua memang harus berpisah, apa yang harus dilakukan dengan rekening tersebut.

1. Konfirmasikan sekali lagi untuk keperluan apa uang dalam rekening itu akan digunakan.

2. Bicarakan siapa yang akan memasukkan uang ke dalam rekening tersebut dan berapa besarnya. Apakah pasangan Anda saja, atau patungan. Jika dilakukan secara patungan, tentukan pula berapa persen komposisinya agar adil dan merata.

3. Bila rekening bersama itu digunakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran bulanan, maka saldo uang yang ada dalam rekening bersama sebaiknya sebesar minimal sebulan pengeluaran rutin mereka.

4. Jika Anda sudah memiliki rekening bersama, dianjurkan untuk melakukan evaluasi setiap bulan terhadap pengeluaran-pengeluaran yang telah dilakukan. Anda bisa mengeceknya dengan rekening koran yang dikeluarkan bank.

5. Bersiaplah untuk menghadapi keadaan terburuk, yaitu penggunaan uang yang tidak sesuai kesepakatan. Jika memang harus terjadi demikian, sebaiknya tetaplah hadapi dengan kepala dingin. Jangan sampai karena masalah uang, rumah tangga  Anda menjadi hancur berantakan.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami