Islam-Katolik Tekankan Pentingnya Budaya Saling Menghormati

Internasional / 8 November 2008

Kalangan Sendiri

Islam-Katolik Tekankan Pentingnya Budaya Saling Menghormati

Tammy Official Writer
4351
Forum dialog antara 20 tokoh Islam dan 20 tokoh Katolik yang berlangsung di Vatikan diakhiri dengan pertemuan peserta forum dengan Paus Benediktus XVI. Hal ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin dari Vatikan pada Kompas di Jakarta, melalui pesan singkatnya.

Menurut Din, forum yang baru pertama dalam sejarah ini juga menghasilkan komunike yang antara lain menyatakan tekad kedua pihak untuk mengembangkan budaya saling memahami dan menghormati. Tekad untuk melakukan bekerja sama untuk membimbing pemeluk masing-masing menghadapi arus sekularisasi yang melanda umat manusia dewasa ini dengan mengedepankan nilai-nilai etika keagamaan.

Selain itu, komunike ini juga memuat keinginan membuat langkah kongkrit untuk menyelamatkan generasi muda dari dekadensi moral. Ketika bertemu dengan peserta forum, menurut Din, Paus Benediktus XVI mengingatkan Umat Islam dan Umat Katolik perlu mengembangkan ajaran cinta kepada Allah dan cinta kepada sesama sebagai ajaran sentral dalam kedua agama. Kemudian menerjemahkannya ke dalam kerjasama yang lebih erat lagi menghadapi berbagai ancaman peradaban, seperti kemiskinan, kebodohan dan kerusakan lingkungan hidup.

Din SyamsudinDin yang mewakili komunitas Muslim Indonesia ketika bersalaman dengan Paus Benediktus XVI mengharapkan Gereja Katolik dapat mengembangkan kerjasama dengan dunia Islam yang positif-konstruktif atas dasar sikap saling memahami dan menghormati.

Forum pertama Islam-Katholik di Vatikan ini memiliki makna simbolis bagi kerukunan dan kerja sama antara kedua pihak yang lebih baik lagi, termasuk di Indonesia, yang harus diakui masih terdapat masalah dan kendala. Kerukunan antar keduanya akan mendukung integrasi nasional Indonesia yang majemuk.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami